Nenin Mainingtyas, S.Pd.SD. saat menggambarkan peta konsep Oplet Susi di ruang kelas III, SDN Curahmalang II Sumobito pada Rabu (8/12). (Donny)


SUMOBITO – Menjadi jawara tentunya membutuhkan sebuah proses. Tak sebatas selaiknya membalikkan telapak tangan kemudian berhasil. Proses itulah nantinya semakin mematangkan jalan menuju yang pertama.

Pengalaman itu dibagikan oleh Juara I Kepala SDN Berprestasi Se Kabupaten Jombang 2021, Nenin Mainingtyas, S.Pd.SD. yang berkisah melalui karya Best Practise yang disusun kurang lebih memakan waktu satu tahun. Akhirnya menorehkan prestasi yang membanggakan di karirnya menjadi pendidik di Kota Seribu Pesantren ini.

Secara berkala dilakukan evaluasi dalam setiap kegiatan yang berlangsung di satuan pendidikan. Kemudian harus diperbaiki guna mendulang prestasi.

Bayangkan saja dari pengalamannya meramu Best Practise di satuan pendidikan dari 2020, baru rampung dikerjakan pada 2021 ini. Kepala SDN Curahmalang II Sumobito ini menguraikan tidak ada hambatan yang berarti dalam penyusunannya. Hanya saja kesibukannya di pelbagai peran baik sebagai isteri, ibu bagi kelima buah hatinya, atau pun kepala sekolah terkadang menjadikannya terlupakan.

“Best Practise mengenai Oplet Susi. Kepanjangan dari Bahasa Jawa Open dan Telaten yang artinya rajin serta tekun. Sedangkan Susi adalah Sugesti dan Tradisi. Jadi, pada simpulannya isinya menceritakan perjalanan saya pribadi saat menjalankan manajerial satuan pendidikan dan melakukan supervisi. Hal ini sebagai aktulisasi juga strategi dalam komonikasi dengan guru maupun peserta didik. Harapannya dengan begitu akan semakin mendongkrak prestasi peserta didik,” jelas Nenin Mainingtyas.

Baca Juga: SMP Negeri 2 Wonosalam Potensi Peserta Didik yang Utama

Dengan kata lain Nenin Mainingtyas menambahkan, secara berkala dilakukan evaluasi dalam setiap kegiatan yang berlangsung di satuan pendidikan. Kemudian harus diperbaiki guna mendulang prestasi. Hanya saja kesulitannya dalam realisasinya adalah penyamaan persepsi supaya dapat dimengerti oleh semuanya.

Nenin Mainingtyas mengakui, “Keberadaan keluarga sangat berarti dalam memberikan semangat dalam penyusunan Oplet Susi. Pesan yang diberikan, agar saya selalu berusaha berninovasi dalam menjalankan tugas sebagai kepala sekolah.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Riwayat Nenin Mainingtyas, S.Pd.SD.

Kelahiran: Jombang, 7 Mei 1977

Pendidikan:

SMA Negeri Mojoagung 1995

S1 Universitas Terbuka PGSD Surabaya 2009

S1 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Jombang 2012.

Hobi: Membaca

Tokoh Idola: Siti Khadijah

Lebih baru Lebih lama