Kegiatan Sosialisasi Program Kerja Seksi Pengembangan PTK dan Kurikulum SD. (ist)


JOMBANG –
Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menyelenggarakan Sosialisasi Program Kerja Tahun Angaran 2022 pada Senin (6/12) di Aula II Disdikbud Kabupaten Jombang. Menghadirkan perwakilan Komisi D DPRD Kabupaten Jombang yang membidangi perihal pendidikan, Koordinator Wilayah Kerja di setiap kecamatan, serta seluruh staf di Bidang Pembinaan SD, Disdikbud Kabupaten Jombang.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD, Bidang Pembinaan SD, Disdikbud Kabupaten Jombang, Drs. Kasmuji Raharja, M.Pd. mengatakan diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menjalin komonikasi yang baik dan berkelanjutan, sehingga dapat tersampaikan program-program yang bakal dijalankan nantinya. Sementara mengundang Komisi D DPRD Kabupaten Jombang diharapkan dapat memberikan arahan dan kritik sehingga menjadi catatan kedepannya ketika merealisasikannya.

Ini merupakan langkah besar sebagai bentuk transparansi pelayanan publik. Sehingga terserap seluruh aspirasi yang masuk dan kalau pun ada kendala yang butuh jalan keluar yang cepat. Dapat segera dibahas karena sudah dipetakan dari awal.

“Paling banyak menyita perhatian adalah mengenai anggaran yang digunakan dalam serangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), sosialisasi, pengarahan, pendidikan, dan pelatihan. Sehingga ada kemungkinan nantinya beberapa akan dirampingkan, semisal acara Bimtek tidak harus dalam sebuah pertemuan langsung. Melainkan bisa melalui virtual sehingga memangkas anggaran untuk konsumsi dan biaya lainnya,” ungkap Kasmuji Raharja.

Baca Juga: Menatap Persiapan Jelang PTM 100%

Sekretris Disdikbud Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si. pun setuju adanya pemangkasan anggaran untuk itu. Namun apabila kegiatan bersifat pelatihan dan harus mendatangkan peserta langsung. Maka tidak bisa digantikan karena butuh tatap muka, bila perlu praktik oleh peserta yang diawasi oleh narasumber. Dengan demikian, kegiatan seperti itu tidak dapat dihapuskan.

Wakil Ketua Komisi D, DPRD Kabupaten Jombang, H.M. Syarif Hidayatullah. (ist)

Jumadi pun menegaskan, kebutuhan lain yang tak dapat dielakkan adalah tentang rehabilitasi bangunan SD. Dari Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun anggaran Disdikbud Kabupaten Jombang masih belum mencukupi. Selain terbilang cukup banyak, sekarang ini bangunan SD di sejumlah kecamatan memang sudah saatnya membutuhkan perbaikan. Untuk itu perlu solusi yang tepat sehingga segera tertangani dan tak sampai roboh.

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si. (Rabithah)

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Jombang, H. M. Syarif Hidayatullah ketika dihubungi via sambungan telepon seluler pun mengatakan sangat apresiatif terhadap langkah yang diambil oleh Bidang Pembinaan SD, Disdikbud Kabupaten Jombang dalam menjalankan Sosialisasi Program Kerja Tahun Angaran 2022. Seluruh pihak akhirnya mengetahui secara terang dan menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Disdikbud Kabupaten Jombang, Drs. Kasmuji Raharja, M.Pd. (Rabithah)

M. Syarif Hidayatullah menjelaskan, “Ini merupakan langkah besar sebagai bentuk transparansi pelayanan publik. Sehingga terserap seluruh aspirasi yang masuk dan kalau pun ada kendala yang butuh jalan keluar yang cepat. Dapat segera dibahas karena sudah dipetakan dari awal.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama