Gerakan tendangan yang diperagakan oleh Arya Putra Nurahkman. (Donny)

JOMBANG – Mengisi waktu dengan kegiatan positif yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat, serta potensi diri tentu wajib dilakukan saat usia belia. Seperti halnya Arya Putra Nurahkman, peserta didik Kelas VI SDN Jombatan IV Jombang ini, semenjak duduk di bangku kelas III sudah aktif berlatih di Jombang Karate.

Pilihannya terjun ke dunia seni bela diri bukan tanpa sebab, putra kedua dari Ina Handayani ini mengaku bahwa adegan film laga dan aksi yang kerap di tonton sewaktu di rumah turut mendongkrak hasratnya guna mempelajari ilmu Karate. Awalnya memang tidak ada ambisi dalam mengejar ataupun meraih prestasi, semua dijalaninya atas dasar keinginan menimba ilmu seni bela diri asal Negeri Sakura ini. Namun lambat laun, berkat kesungguhan dan kerja keras selama berlatih, berhasil mencatatkan namanya sebagai Juara I Karate di ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat Kabupaten Jombang tahun 2021.

Selalu mengingat motivasi ibunya agar senantiasa bersemangat dan tidak pantang menyerah.

Arya Putra Nurakhman menceritakan, “Ketika mengikuti KOSN latihannya memang cukup berat. Terdapat tambahan jam latihan mulai pagi sampai sore selalu rutin. Kemudian tantangan tersulit ialah menyamankan posisi saat kuda-kuda, sebab tatkala kompetisi selain kecepatan, kekuatan, detail gerakan, dan titik rendah kuda-kuda ikut dinilai. Jika tampak tidak tenang dan gugup maka akan mengurangi nilai.”

Baca Juga: Sinkronisasi Data LKP di Jombang

Disinggung mengenai upaya melawan rasa gugup yang membekapnya saat berhadapan dengan lawannya, Arya Putra Nurahkman mengatakan, selalu mengingat motivasi ibunya agar senantiasa bersemangat dan tidak pantang menyerah. Sontak rasa percaya diri merebak dalam dirinya dan merasa yakin dalam menghadapi setiap pertarungan.

Arya Putra Nurahkman saat menunjukkan piala kejuaraan Karate tingkat nasional. (Donny)

Ina Handayani mengungkapkan memang dalam sebuah kompetisi tak sekadar cukup latihan teknik dalam menempa kepiawaiannya saja. Melainkan motivasi dan keyakinan diri pun sangatlah penting. Terlebih ketika menghadapi lawan yang berbeda-beda, jelas tekanan yang akan dirasakan pun tak sama dan bisa jadi lebih berat. Untuk itu harus ada motivasi supaya jangan ragu dan melewati semua tantangan untuk meraih kemenangan.

Ekspresi Arya Putra Nurahkman ketika mencontohkan gerakan kuda-kuda Karate. (Donny)

“Rutin saya berikan motivasi kepada Arya Putra Nurahkman meskipun tak ada kompetisi. Harapannya agar anak terbiasa berani menghadapi setiap tantangan didepannya tanpa harus terbebani sama sekali. Sehingga menjadikan dirinya sebagai pribadi yang tangguh dalam segalanya,” ujar perempuan berhijab ini kala ditemui di SDN Jombatan IV Jombang, Kamis (30/12).

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Biodata Arya Nurahkman

Lahir: Jombang, 9 Mei 2009

Hobi: Bermain Game

Karateka Idola:

Ryo Kyuna (Jepang)

Ahmad Zigi Zaresta Yuda (Indonesia)

Cita-Cita: Pengusaha dan Karateka Profesional
Lebih baru Lebih lama