Kepala Pusdiklatcab Jombang, Wahib, S.Pd., M.MPd. Menyematkan tanda jabatan kepada perwakilan peserta. (Rabithah)


NGORO – Rona kegembiraan terpancar di wajah setiap anggota Pramuka yang telah lolos Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD). Sebab pada Jumat (31/12/21) mereka akan dikukuhkan melalui serangkaian upacara yang bertempat di Bumi Perkemahan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklatcab) Cabang Tunggorono Jombang.

Setiap pembina Pramuka harus turut berperan aktif menggelorakan ekstrakurikuler Pramuka, dengan cara mengikuti atau bahkan memelopori acara kepramukaan.

Panitia Pelaksana Upacara Pengukuhan Peserta Pramuka KMD Kwarran (Kwartir Ranting) Ngoro dan Gudo, Andri Santoso, S.Pd.SD. mengungkapkan bahwa penyelenggaraan seleksi KMD sudah dimulai sejak Maret 2021. Terdiri dari paparan materi pada tanggal 22 s.d 27 Maret 2021, selanjutnya kegiatan praktik membina selama enam bulan dari April hingga September 2021 di setiap gugus depan yang telah ditentukan.

Baca Juga: Astrid Elfrida Maharani Mama Membuat Semuanya Jadi Mudah

“Pelaksanaan upacara pengukuhan sejatinya dijadwalkan pada bulan Oktober, namun terpaksa diundur lantaran pendemi yang masih belum melandai. Sebelum itu, peserta diwajibkan mengumpulkan laporan narakarya yang telah ditulisnya. Menariknya dalam acara tersebut turut bergabung pula peserta dari Kwarran Gudo,” kata pria yang menjabat Seksi Prodik dan Binawasa Kwarran Ngoro itu.

Kepala Pusdiklatcab Jombang, Wahib, S. Pd., M.MPd. bertugas sebagai pembina upacara. (Rabithah)

Peserta dari Kwarran Ngoro berjumlah 69 sedangkan dari Kwarran Gudo berjumlah 23 peserta sehingga total peserta yang dikukuhkan berjumlah 92. Kehadiran dari Perwakilan Kwartir Cabang (Kwarcab), Pengurus Kwarran Gudo, Pelatih dan Pelatih Pendamping menjadikan upacara pengukuhan makin semarak, namun tetap sesuai protokol kesehatan.

Panitia Pelaksana upacara pengukuhan peserta KMD Kwarran Ngoro dan Gudo, Andri Santoso, S.Pd.SD. (Rabithah)

Saat ditemui usai acara, Kepala Pusdiklatcab Jombang, Wahib, S.Pd., M.MPd. yang di dapuk sebagai pembina upacara menuturkan bahwa setelah kegiatan pengukuhan ini kakak-kakak pembina bisa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di pangkalan masing-masing. Tak lupa juga melanjutkan seleksi Kursus Mahir tingkat Lanjutan. Sedangkan, bagi peserta yang belum lolos diharapkan tak patah arang untuk mendaftar kembali.

Jajaran Jajaran peserta dan panitia upacara pengukuhan peserta KMD Kwarran Ngoro. (Rabithah)

Wahib berpesan, “setiap pembina Pramuka harus turut berperan aktif menggelorakan ekstrakurikuler Pramuka, dengan cara mengikuti atau bahkan memelopori acara kepramukaan. Namun, harus tetap menjalin koordinasi dengan Kwarran dan Kwarcab. Terlebih juga saat ini telah kita perbaiki sarana prasarana Pusdiklatcab yang nantinya dapat dimanfaatkan dengan semestinya.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama