Penggunaan bantuan komputer yang ada di TK Negeri Pembina Diwek. (Donny)


JOMBANG – Teknologi dalam dunia pendidikan sekarang ini sudah bak rembulan dan gemintang. Keduanya selalu beriring ketika hadir di malam yang petang. Biar pun masih di tingkat dasar seperti di TK, kebutuhan akan teknologi sangatlah penting guna membopong keberhasilan pendidikan yang sedang dijalankan.

Untuk itulah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang pada (18/12) memberikan seperangkat komputer jinjing kepada sepuluh TK Negeri Pembina yang tersebar di telatah Kebo Kicak ini. Disampaikan Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Disdikbud Kabupaten Jombang, Sulimah, S.Pd. bila bantuan ini menjawab kebutuhan pendidikan kini di jenjang TK dan menyesuaikan pula dengan anggaran yang ada.

Sulimah mengatakan, “Pemberian bantuan ini bertahap di mulai dari TK Negeri Pembina Diwek, Wonosalam, Gudo, Jogoroto, Peterongan, Kesamben, Perak, Peterongan, Kabuh, dan Tembelang. Kemudian untuk TK Negeri Pembina lain di Jombang, Ploso, Bareng, Ngoro, dan Mojowarno akan menyusul di tahun anggaran berikutnya.”

Syukur bantuan pengadaan ini bisa turut melancarkan segala pelayanan bagi wali dan anak didik. Sehingga masyarakat bisa mengetahui adanya pengembangan dari TK Negeri Pembina dari segi fasilitas yang akan dikembangkan.

Pada bantuan pengadaan kali ini total jumlah anggarannya sebesar Rp 74.250.000. Besaran tersebut mengacu pada harga per satuan komputer jinjing yang berharga Rp. 7.425.000. Adapun merk dan tipenya ialah Lenovo Ideapad 3 14IGL05. Sulimah menambahkan, bahwa untuk efektifitas penggunaan komputer jinjing ini nantinya ditekankan pada pelbagai bentuk pengadministrasi data satuan pendidikan. Mulai dari Surat Penanggungjawaban Bantuan Operasional Pendidikan ataupun Data Pokok Pendidikan yang semuanya sudah berbasis aplikasi dan diakses secara Online.

Baca Juga: TK PG Tjoekir Diwek Fullday School Tak Sia-siakan Usia Emas

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Disdikbud Kabupaten Jombang, Moh. Suyuti, S.Sos., M.M. pun membenarkan bahwa adanya bantuan pengadaan media pembelajaran berupa komputer jinjing ini akan membantu para kepala dan tenaga kependidikan di jenjang TK dalam mengelola kebutuhan administrasinya.

“Selain itu pula bantuan pengadaan media pembelajaran ini merupakan langkah Disdikbud Kabupaten Jombang dalam mengawal pengembangan TK Negeri Pembina sekaligus memotivasinya. Harapannya tentu agar TK Negeri Pembina mampu bersaing secara kompetitif dalam meningkatkan mutu serta pelayanannya bagi wali dan anak didik,” tegas Moh. Suyuti.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Disdikbud Kabupaten Jombang, Sulimah, S.Pd.

Kepala TK Negeri Pembina Diwek, Asmaniah, S.Pd. pun mengakui bantuan yang ada turut membuncahkan semangat bagi para guru. Meski sebelumnya harus memakai komputer jinjing milik pribadi, namun dengan adanya bantuan ini proses administrasi bisa lebih cepat dan efektif dikerjakan oleh operator maupun guru.

Asmaniah mengakui, “Syukur bantuan pengadaan ini bisa turut melancarkan segala pelayanan bagi wali dan anak didik. Sehingga masyarakat bisa mengetahui adanya pengembangan dari TK Negeri Pembina dari segi fasilitas yang akan dikembangkan.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama