Ilustrasi bibir pecah-pecah. (ist)


NASIONAL - Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa perlu diperhatikan. Hal ini tentunya sudah menjadi hal umum bagi setiap orang saat berpuasa. Bibir kering dan pecah-pecah dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dalam beraktivitas dan beribadah.

Asupan cairan yang kurang di dalam tubuh menjadi penyebab utama bibir kalian menjadi kering. Jadi, kalian harus memperhatikan asupan cairan, terutama air putih saat buka puasa serta sahur. Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa dilakukan dengan memenuhi asupan cairan dan menjaga kesehatan bibir.

Selain asupan cairan yang kurang, perawatan bibir dari luar juga perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatannya. Berikut dirangkum dari berbagai sumber, tentang cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.

Perhatikan Asupan Cairan

Minum Banyak Air Putih Saat Buka dan Sahur

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang pertama adalah dengan minum air putih. Kalian harus minum air putih yang banyak saat berbuka dan sahur. Dengan minum air putih ketika berbuka dan sahur akan membantu mencegah bibir kering terjadi pada siang hari ketika berpuasa. Kalian juga sebaiknya menghindari minuman manis di bulan puasa ini.

Hindari Minuman Berkafein

Selama menjalankan ibadah puasa, hindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein. Kandungan kafein tersebut tak lain dapat bersumber dari kopi hingga teh. Kandungan kafein disebut mampu mengurangi kelembapan kulit sehingga menimbulkan banyak gangguan seperti kulit kusam hingga bibir kering dan pecah-pecah.

Perhatikan Asupan Makanan

Makan Sayur dan Buah Saat Buka

Makan sayur dan buah sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dapat diterapkan sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa. Apalagi dengan kandungan vitamin C yang ada pada sayur dan buah tersebut akan sangat membantu dalam mencegah bibir kering pada siang hari saat berpuasa.

Hindari Makan Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin dapat membuat bibirmu menjadi kering. Makanan pedas dan asin ini memang banyak disukai orang orang dengan kelezatannya. Namun, sebaiknya pada bulan puasa kalian menghindari makanan ini karena bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Jadi jangan sampai makan makanan yang pedas dan asin ketika berbuka maupun ketika sahur.

Mengoleskan Bahan Alami

Oleskan Madu Sebelum Makan Sahur

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selanjutnya adalah dengan mengoleskan bahan alami, salah satunya madu. Madu memang terkenal sangat bagus untuk perawatan kulit. Menggunakan madu merupakan salah satu cara sederhana untuk mengatasi bibir kering saat puasa.

Kalian bisa mengoleskan madu ke bibir sebelum makan sahur, sehingga bibir masih akan terasa lembap pada siang harinya. Tapi kalian harus berhati-hati, jangan mengoleskan madu ke bibir di siang hari saat berpuasa, tentunya hal tersebut dapat membatalkan puasa kalian.

Oleskan Mentimun Saat Buka dan Sahur

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah juga bisa menggunakan mentimun. Kalian bisa mengiris timun secukupnya lalu memasukkannya ke dalam air dingin. Lalu kalian dapat mengoleskannya ke bibir ketika berbuka puasa maupun saat sahur. Dengan cara ini, kalian bisa menghindari bibir kering dan pecah pecah saat berpuasa.

Menjaga Kelembaban Bibir

Jangan Menjilat Bibir

Menjilati bibir merupakan kebiasaan banyak orang ketika bibir kering. Hal ini disebabkan karena dengan menjilatinya, bibir akan kembali lembap. Namun ternyata hal tersebut salah.

Bibir hanya akan lembap untuk sementara dan akan lebih kering setelah itu bila kalian menjilatinya. Permukaan lidah yang kasar berperan dalam menghilangkan kelembapan bibir kalian. Sehingga bibir menjadi kering dan bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah.

Gunakan Lip Balm

Menggunakan lip balm tentunya memang bertujuan sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Hanya dengan mengoleskan lip balm di bibir, kalian bisa mengatasi bibir kering saat berpuasa. Namun kalian harus pastikan untuk menggunakan lip balm yang tidak ada rasa dan wanginya. Kalian juga harus hati-hati dalam pemakaian lip balm ini agar tidak membatalkan puasa.

Kurangi Penggunaan Lipstik

Penggunaan lipstik juga dapat mengakibatkan bibir kering. Hindarilah terlalu sering menggunakan lipstik di bulan puasa agar bibir tidak kering. Kalian bisa mengganti lipstik dengan lip balm berwarna bila memang harus menggunakannya.

Sumber/Rewrite: liputan6.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama