Peserta didik mengikuti latihan ekstrakurikuler karate. (Rabithah)


PERAK – Mendampingi peserta didik dalam meraih prestasi tentunya menjadi tanggungjawab satuan pendidikan. Namun, dalam perjalanannya membutuhkan sentuhan tangan pelbagai pihak agar tak sampai menemui kendala berarti. Seperti yang tampak di SDN Cangkringrandu Perak ini.

Kegiatan ekstrakurikuler karate di satuan pendidikannya dimulai sejak tahun 2016 dan menariknya belum genap satu tahun berdiri sudah memboyong prestasi pada tahun 2017.

Menurut Kepala SDN Cangkringrandu Perak, Drs. Imam Bukhari bahwa setiap melaksanakan pembinaan minat dan bakat peserta didik senantiasa menjalin kerjasama dengan pelbagai pihak. Misalkan menyediakan pelatih baik dari dalam satuan pendidikan maupun luar serta tak lupa menjalin kerjasama dengan wali peserta didik.

Baca Juga: Sewa Skuter Muter Jombang Hasilkan Untung dari Tren

Imam Bukhari menceritakan, “Seperti kegiatan ekstrakurikuler karate yang terbilang paling banyak menorehkan prestasi di SDN Cangkringrandu Perak. Meski telah memiliki dua pelatih yang berasal dari guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) namun berkat komonikasi dengan wali peserta didik maka sesi latihan peserta didik yang bersangkutan dapat diperkuat melalui lembaga latihan profesional.”

Kepala SDN Cangkringrandu Perak, Drs. Imam Bukhari. (Rabithah)

Guru PJOK Kelas I-VI B, SDN Cangkringrandu Perak, Moh Mashudi S.Pd. mengungkapkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler karate di satuan pendidikannya dimulai sejak tahun 2016 dan menariknya belum genap satu tahun berdiri sudah memboyong prestasi pada tahun 2017. Hal ini tentunya tak lepas dari kesungguhan peserta didik, dukungan dari satuan pendidikan, lembaga latihan karate, dan wali peserta didik.

Kepala beserta seluruh guru dan staf SDN Cangkringrandu Perak. (Rabitha)

“Satuan pendidikan sebagai wadah yang berperan mendeteksi minat peserta didik, lalu di komonikasikan pada wali peserta didik yang nantinya apabila menghendaki dapat ditempa lebih dalam pada lembaga latihan karate, seperti di Dojo Karate Mahameru Jombang. Meski tak jarang pula wali peserta didik menyerahkan latihan sepenuhnya pada satuan pendidikan,” papar pria yang akrab dipanggil Mbah Hudi itu.

Moh Mashudi dan Dony Pradana Ariyansya ketika memimpin latihan karate. (Rabithah)

Dikatakan juga oleh Guru PJOK Kelas I-VI A, SDN Cangkringrandu Perak Dony Pradana Ariyansya, S.Or.,S.Pd. bahwa saat ini jumlah anggota yang tergabung ekstrakurikuler karate berjumlah lebih kurang limabelas peserta didik. Terbagi dari kelas III hingga V. Memiliki jadwal rutin setiap hari Jumat selama dua hingga empat jam usai pembelajaran wajib.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

SDN Cangkringrandu Perak

Tahun berdiri: 1967

Jumlah Guru dan Staf: 23

Jumlah peserta didik: 343

Ekstrakurikuler: Karate, Bola Voli, Banjari, Qiroah, Drumband, dan Seni Musik.

Prestasi Karate:

Juara III Jombang Karate Club se Jawa Timur 2017 dan 2018

Juara I Open Karate Championship Kediri 2019

Juara III Jombang Karate Club se Jawa Timur 2020

Juara I Kejuaraan Kabupaten Karate Virtual 2020

Juara III Piala Gubernur Jawa Timur 2020

Juara I Jombang Karate Club se Jawa Timur 2021.

Lebih baru Lebih lama