Suasana Bimtek Mulok Keagamaan Kristen. (Rabithah)


JOMBANG – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan peta yang menjadi landasan dalam menentukan arah pembelajaran. Maka dari itu penting sekali guru membuat RPP sebagai garis dasar dalam membentuk pembelajaran yang lebih efektif. Termasuk pula dalam Muatan Lokal (Mulok) Agama Kristen, melalui RPP yang disusun dengan matang maka dapat menciptakan pembelajaran yang jauh menyenangkan.

Berangkat dari dasar itulah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disidkbud) Kabupaten Jombang menyelenggarakan Bimtek Pembimbing Mulok Keagamaan Kristen pada (16 s.d 17/3) di Aula III Disdikbud Kabupaten Jombang dengan diikuti sekitar delapan belas orang pembimbing. Dijelaskan oleh narasumber Bimtek Pembimbing Mulok Keagamaan Kristen, Hari Tjahjono, STh. bahwa dalam RPP Tahun Pelajaran 2022/2023 nantinya lebih disederhanakan. Jadi penyusunannya berprinsip pada efektifitas, efisien, dan berorientasi langsung kepada peserta didik.

Baca Juga: Susiana Menyarikan Pengalaman

Sebelumnya ada 13 komponen RPP yang kemudian dirampingkan menjadi 3 komponen saja, imbuh Hari Tjahjono. Mulai dari tujuan pembelajaran, langkah kegiatan, serta penilaian. Dengan demikian pembimbing bisa lebih leluasa mengembangkan RPP sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Pria yang kesehariannya menjadi Pembimbing Mulok Keagamaan Kristen di SMP Negeri 1 Diwek ini menekankan bahwa nantinya penting untuk memetakan karakteristik, kemampuan, serta kompetensi peserta didik. Sehingga adanya penyesuaian tersebut RPP berjalan secara kontekstual dan tepat sasaran.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama