Beberapa anggota Himpaudi saat mendaras Al-Quran. (Donny)


PETERONGAN – Keberadaan sekretariatan bagi sebuah organiasi ibarat sebuah kosmologi. Sebab nantinya akan menjadi sentral pertemuan baik dalam pemikiran hingga segala hal yang berkaitan dengan aktivitas organisasi tersebut.

Penuh syukur itulah yang tergambar dari Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang yang di bulan Ramadan 1443 Hijriyah tepatnya pada Jumat (22/4) mulai memasuki dan menggunakan sekretariatan baru yang berada di Perum Natura Resident Cluster, Blok E6, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowati, S.Pd. menyebutkan bila sekretariatan ini dinamai Rumah Perjuangan. Bukannya tanpa alasan, selain memang karena dalam pengadaan sekretariatan ini penuh akan perjuangan. Juga diharapkan nantinya Rumah Perjuangan menjadi pengantar dalam menyejahterakan pada guru di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Tasyakuran sederhana yang dibarengi dengan buka puasa bersama ini diawali dengan Khataman Al Quran.

“Maka dari itu ketika membelinya, diatasnamakan organisasi bukanlah perseorangan. Dengan demikian, akan lebih nyaman ketika digunakan dalam segala aktivitas Himpaudi baik di tingkat kecamatan maupun pengurus inti di Kabupaten Jombang,” terang perempuan yang tengah menjabat periode kedua ini.

Dengan demikian, diharapkan kepercayaan diri dan tanggungjawab anggota secara keseluruhan akan lebih besar lagi, imbuh Tita Aniqowardani. Sehingga kapan pun bisa digunakan oleh Himpaudi di tingkat kecamatan maupun kabupaten dalam menyongsong segala aktivitasnya. Sekaligus mampu mencipta harmonisasi dalam berorganisasi yang akan berdampak positif pada perkembangan Himpaudi Kabupaten Jombang kedepannya.

Baca Juga: TK Rahayu Plandaan Kepercayaan Wali Anak Didik Menjadi Pelecut

Sekretaris Himpaudi Kabupaten Jombang, Suharwati, S.Pd. pun telah menggambar serangkaian kegiatan yang dapat dikerjakan di sekretariatan baru ini. Khususnya perihal peningkatan kompetensi para operator KB yang bersinggungan langsung dengan kemajuan teknologi saat ini.

Tita Aniqowardani saat memberikan pembukaan acara. (Donny)

Suharwati mengatakan, “Jadinya di Rumah Perjuangan ini kita akan berlatih bersama dan meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan data secara digital. Seperti diketahui, sekarang ini semua data yang diminta oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang serta tingkatan diatasnya lebih cenderung menggunakan mekanisme digital. Sehingga sangat potensial sekali untuk dipahami dan mampu dipraktikkan jua.”

Tasyakuran sederhana yang dibarengi dengan buka puasa bersama ini diawali dengan Khataman Al Quran. Kemudian dipungkasi dengan rapat koordinasi sederhana untuk mempersiapkan pembukaan acara seremonial peresmian Rumah Perjuangan ini yang direncanakan langsung diresmikan oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama