Penyerahan buku bantuan perpustakaan oleh Guru SMP Negeri 2 Peterongan. (ist)


PETERONGAN – Banyak cara yang dapat dilakukan dalam membumikan gerakan literasi di satuan pendidikan. Selaiknya yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Peterongan dengan mamanfaatkan momentum Hari Buku Nasional 2022 menjadikan pijakan kembali menggeliatkan semangat literasi di seluruh civitas akademik. Salah satunya melalui perlombaan video kreatif Membaca Cerpen Tiga Paragraf.

Disampaikan Guru di SMP Negeri 2 Peterongan, Fitria Dewi Cahyaning Wulan apabila perlombaan semacam ini akan rutin di gelar tiap tahunnya. Diharapkan mampu memantik semangat berliterasi peserta didik di tengah modernisasi yang semakin gencar. Dengan begitu diharapkan akan mampu menjadi suatu dasar mengarungi kemajuan zaman dengan bekal literasi yang baik.

Meski ini masihlah awal, tetapi sangat besar kiranya dapat mengobarkan semangat peserta didik yang lain dalam menerjuni literasi dengan masif.

“Secara teknis perlombaan ini dilakukan secara daring. Jadi peserta didik membaca cerpen tiga paragraf atau pentigraf yang telah disediakan oleh panita. Selanjutnya direkam dalam bentuk video dan diperbolehkan melakukan pengeditan. Setelahnya baru diunggah ke sosial media Instagram. Tema pentigrafnya yakni mengenai ‘Lingkungan’,” terang Fitria Dewi Cahyaning Wulan.

Baca Juga: SDN Plosogenuk I Perak Senam Torehkan Banyak Prestasi

Sementara itu pada kesempatan penyerahan hadiah bagi para juara pada Selasa (7/6) di Lapangan Upacara, Kepala SMP Negeri 2 Peterongan, Drs. Sarmin apresiasi luar biasa kepada seluruh peserta sekaligus para juara yang telah berjuang menampilkan karya terbaiknya. Oleh karenanya, ia berpesan jangan sampai berhenti di sini saja. Melainkan dapat dikembangkan melalui banyak ragam bentuk maupun platfom media yang bisa digunakan.

Kepala Sekolah, Guru, dan Para Juara. (ist)

Sarmin mengatakan, “Meski ini masihlah awal, tetapi sangat besar kiranya dapat mengobarkan semangat peserta didik yang lain dalam menerjuni literasi dengan masif. Sehingga aktifitas ini sekaligus menjadi warna tersendiri dalam menggelorakan literasi di SMP Negeri 2 Peterongan.”

Penulis: Fitria Dewi Cahyaning Wulan

Lebih baru Lebih lama