Ilustrasi anak sedang mempersiapkan buku untuk berangkat ke sekolah. (ist)


NASIONAL - Jelang masuk sekolah pada tahun ajaran baru, anak-anak membutuhkan persiapan mental dan persiapan fisik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu buah hati lebih terbiasa dengan lingkungan sekolahnya.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengajak anak berkunjung ke sekolah lebih awal. Dikatakan dalam laman Parents, kunjungan ke sekolah lebih awal seperti ini akan membantu mereka mengatasi ketakutan yang berlebihan. Jadi, ini bukanlah sesuatu yang sepele.

Ketika anak sudah menjalani hari pertamanya dengan lancar, orang tua perlu memberikannya apresiasi atas usahanya. Sehingga, mereka akan merasa dihargai dan semangat pergi ke sekolah pada hari-hari berikutnya.

Saat mengajak mereka berkeliling ke sekolah, orang tua bisa memperkenalkan lokasi-lokasi yang penting seperti area antar dan jemput, ruang kelas mereka, toilet, dan lainnya. Dikutip dari HaiBunda, orang tua perlu percaya dan membiarkan anak menjelajahi lingkungan belajar baru mereka. Ini penting untuk melatih rasa percaya diri dan kemandirian anak.

Baca Juga: Wilkerdik Kecamatan Kabuh Sehat dan Perkuat Silahturahmi

Walau demikian, perlu diingat juga supaya orang tua tidak menunjukkan kekhawatiran di depan anak. Pakar pendidikan anak usia dini, Anna Taylor mengatakan, salah satu yang paling penting untuk membantu anak mempersiapkan sekolahnya adalah orang tua tetap bersikap tenang. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu mereka?

Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah

Beri contoh berkenalan
Anak-anak memiliki karakter peniru yang baik. Supaya dia mampu bersosialisasi dengan teman-temannya yang lain, orang tua bisa mencontohkan melalui berkenalan dengan orang tua lain. Selain itu, orang tua juga dapat mengajarkan mereka cara berkenalan atau memperkenalkan diri dengan sopan. Sehingga, mereka mempunyai bekal mencari teman baru.

Mengajak mempersiapkan alat sekolah bersama-sama
Disebutkan dalam Indian Express, anak-anak biasanya lebih semangat apabila dilibatkan mempersiapkan sekolah bersama-sama. Sehingga, orang tua bisa mengajak mereka untuk ikut beli peralatan sekolah.

Siapkan bekal kesukaannya
Makan siang dan bekal adalah hal yang paling disukai anak saat di sekolah. Oleh sebab itu, orang tua dapat membawakan mereka bekal makanan dan minuman favorit agar lebih bersemangat. Meski begitu, usahakan agar bekal yang dibawa mudah dimakan dan berada di tempat yang aman dari tumpah supaya anak tidak kerepotan.

Ingatkan soal protokol kesehatan
Disebabkan saat ini masih dalam kondisi pandemi, orang tua perlu mengingatkan anak untuk tetap memakai masker dan menjaga protokol kesehatan lain seperti mencuci tangan, jaga jarak, atau memakai hand sanitizer. Di samping itu, beri juga masker cadangan dan hand sanitizer di dalam tasnya.

Berikan apresiasi
Ketika anak sudah menjalani hari pertamanya dengan lancar, orang tua perlu memberikannya apresiasi atas usahanya. Sehingga, mereka akan merasa dihargai dan semangat pergi ke sekolah pada hari-hari berikutnya. Tanyakan juga bagaimana pengalaman hari pertamanya. Hal ini penting untuk mengetahui apa saja yang anak alami di sekolah.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama