Peserta didik MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas mendapat penghargaan dari Bupati Jombang. (ist)


JOMBANG – Kemajuan dunia pendidikan semakin memungkinkan siapa pun dalam menjangkaunya. Termasuk ketika melanjutkan pendidikan di luar negeri. Sangat terbuka lebar untuk dilakukan mengingat sekarang ini akses kian mudah dan terfasilitasi.

Gebrakan itu yang dilakukan MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas, biarpun berada di lingkungan pondok pesantren, namun memiliki cakrawala yang luas dalam memandang pendidikan untuk peserta didik kedepannya. Oleh karena itu, pelbagai strategi digencarkan agar peserta didiknya yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri bisa terwujud.

Selain bekal keilmuan yang telah dipersiapkan. Peserta didik juga diajari adaptasi gaya hidup dan lingkungan sosial negara tujuan.

Kepala MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas, H. Abdul Latif, Lc. mengungkapkan jaringan alumni yang sudah ada di pelbagai belahan dunia dalam rangka menempuh studi di sana sangat bisa membantu. Utamanya negara-negara di Timur Tengah selaiknya Libya, Suriah, Arab Saudi, Mesir, maupun Eropa seperti Turki.

Baca Juga: KB Bustanul Ulum Al - Hasyimi Metode Dikte Sukseskan Hafalan Anak Didik

“Selain terdapat alumnus di sana, juga hubungan yang baik serta harmonis dengan kedutaan besar negara-negara tersebut, sehingga sangat membantu dalam meraih aksesnya. Terlebih lagi ada pula program beasiswa yang diberikan, sehingga makin memacu peserta didik dalam menggapainya,” ujar pria yang aktif di Lembaga Dakwah PBNU ini.

Kepala MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas (tengah) bersama Wakil Kepala Bidang Humas dan Bidang Kurikulum. (Rabithah)

Tahun 2021 ada satu alumnus berhasil mendapat beasiswa kuliah ke luar negeri, terang Abdul Latif. Sedangkan tahun 2022 ini terdapat empat peserta didik yang sedang dalam proses pemberangkatan. Namun jumlah itu masih dibawah target yang seharusnya sepuluh peserta didik, dengan rincian dua peserta didik di lima negara tujuan. Sehingga apabila peserta didik lain ingin mencoba, selalu mendorong mengikuti di ragam jalur lain seperti di Kementerian Agama Republik Indonesia.

Civitas akademika MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas. (Rabithah)

Wakil Kepala MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas, Bidang Kurikulum, Masyhuda, S.Pd., M.Si. menuturkan guna semakin mendukung program tersebut, maka satuan pendidikan memberikan kelas khusus untuk mempersiapkan diri seperti Tahfidz dan Bahasa Arab. Kemudian ada pula pembinaan intensif Bahasa Inggris serta Kitab Kuning, sehingga diharapkan selain mampu melanjutkan pendidikan ke luar negeri juga meraih prestasi yang membanggakan.

Peserta didik yang tergabung ekstrakurikuler Polisi Lalu Lintas. (ist)

Dipungkasi Wakil Kepala Bidang Humas, Asmui’i, S.Ag.,M.MPd. “Selain bekal keilmuan yang telah dipersiapkan. Peserta didik juga diajari adaptasi gaya hidup dan lingkungan sosial negara tujuan. Terpenting MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas senantiasa membersamai peserta didik menggapai cita-citanya meneruskan pendidikan di luar negeri. Termasuk persolan perizinan kepada wali peserta didik dan administrasi yang merenik pun juga akan di fasilitasi.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

MA BAHRUL ‘ULUM TAMBAKBERAS:

a. Jumlah guru : 29

b. Jumlah peserta didik : 176

c. Ekstrakurikuler : Paskibra, Polisi Lalu Lintas, Pramuka, Banjari, Bola Voli dan Futsal.

d. Prestasi :

1. Juara I Ceremonial Creatif Polres PONRAS Jawa Timur 2019 dan 2020.

2. Juara I Lomba Bharja se Jawa Timur 2019.

Lebih baru Lebih lama