Dotik Dwi Partiwi sewaktu menemani peserta didiknya belajar di taman. (Donny)


PETERONGAN – Menciptakan suasana belajar yang nyaman memang merupakan kewajiban satuan pendidikan. Selain akan menunjang hasil daripada pembelajaran, pelbagai pengembangan lain penuh inovasi dapat dilaksanakan dengan mudah.

Kenyamanan peserta didik saat belajar terasa ketika hafalan surah pendek dan mengikuti pembimbingan Muatan Lokal Keagamaan dan Pendidikan Diniyah. Semua dapat mengikuti dengan baik dari awal hingga selesai.

Hal ini diakui oleh Kepala SDN Kebontemu Peterongan, Dotik Dwi Partiwi, S.Pd. yang mengatakan bahwa kenyamanan belajar di satuan pendidikan yang dipimpinnya tak lepas dari sejumlah faktor. Baik itu sarana prasarna, kemampuan guru dalam membuat pembelajaran interaktif, dan kemampuan adaptasi peserta didik.

Baca Juga: SDN Jombatan III Kesamben Voli Antarkan Berprestasi

“Oleh karenanya, awalnya kami selalu membicarakan terlebih dahulu dengan wali peserta didik mengenai kebutuhan buah hatinya ketika melakukan pembelajaran di SDN Kebontemu Peterongan. Sehingga dapat disesuaikan dari pembangunan sarana prasarana supaya tak sampai terjadi tumpang tindih. Sekaligus mengkonsep pembelajaran yang dapat masuk ke relung hati dengan baik, hingga membantu proses penyesuaian diri peserta didik,” jelas Dotik Dwi Partiwi.

Kegiatan Pondok Ramadan yang diikuti peserta didik Kelas IV-VI. (Donny)

Guru Kelas III, SDN Kebontemu Peterongan, Sunarto, S.Pd. pun mengakui adanya penyesuaian terhadap kebutuhan peserta didik akan lebih memudahkan dalam pembelajarannya. Seperti halnya soal pendidikan keagamaan, karena sudah kental atmosfer keagamaan di sekitaran satuan pendidikan. Maka tidak ada kesulitan berarti dalam menanamkannya hingga berlanjut di luar lingkungan satuan pendidikan.

Gedung Perpustakaan yang telah ditata rapi dan bersih. (Donny)

Sunarto mengatakan, “Kemampuan peserta didik memimpin Tahlil dan Istiqosah di tengah masyarakat menjadi pembuktian berarti dari pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Akibatnya kepercayaan masyakat atas pembelajaran di SDN Kebontemu Peterongan pun kian meningkat.”

Peserta didik menulis pegon didampingi oleh Ela Nurmawati. (Donny)

Diperkuat dengan tanggapan Guru Pendidikan Agama Islam, SDN Kebontemu Peterongan, Ela Nurmawati, S.Pd.I bahwa kenyamanan peserta didik saat belajar terasa ketika hafalan surah pendek dan mengikuti pembimbingan Muatan Lokal Keagamaan dan Pendidikan Diniyah. Semua dapat mengikuti dengan baik dari awal hingga selesai. Hal ini juga dikarenakan kelengkapan sarana prasana pembelajaran yang semakin memadai. Sehingga setelah libur panjang akibat badai Covid-19, semangat belajar peserta didik kian membuncah.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

SDN KEBONTEMU PETERONGAN

a. Jumlah Guru : 13

b. Jumlah Peserta Didik : 181

c. Prestasi : Juara I Kompetisi Bola Voli di MTS Bahrul Ulum Jombang Tahun 2020

d. Ekstrakurikuler : Al Banjari, Drumband, TPQ.

Lebih baru Lebih lama