Salah satu guru dan kepala satuan pendidikan saat melakukan donor darah. (Rabithah)


JOMBANG – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Salah satunya yang patut diacungi jempol adalah inisiatif para ibu-ibu yang tergabung dalam kepengurusan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Jombang.

Awalnya hanya mengundang lima orang dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Namun ternyata peserta sungguh antusias hingga banyak yang mendaftar hingga melebihi angka tersebut.

Bertempat di Gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Jombang menggelar acara Bakti Sosial dan Donor Darah pada Selasa (23/8). Sedari pagi antrean tampak mengular, kendati demikian semua berbaris dengan rapi sesuai dengan nomor urut yang telah dibagikan.

Baca Juga: Wilkerdik Kecamatan Jombang Penulisan Ijazah Bagi Satuan Pendidikan Merger

Ketua DWP Kabupaten Jombang, Lilik Agus Purnomo, S.E. menyampaikan bahwa acara berlangsung dari pukul 07:00 WIB hingga selesai sekitar pukul 15:00 WIB. Namun apabila ada peserta donor atau yang ingin menyumbang di luar waktu tersebut tetap bisa dilayani dan diterima berdasarkan waktu yang disepakati.

Kepala Disperpusip Kabupaten Jombang saat memberikan bantuan sosial. (Rabithah)

Terkait jumlah pendonor tak ada target yang dipatok, imbuh Lilik Agus Purnomo. Awalnya hanya mengundang lima orang dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Namun ternyata peserta sungguh antusias hingga banyak yang mendaftar hingga melebihi angka tersebut. Selain itu juga banyak dari anggota guru, kepala satuan pendidikan, karyawan hingga masyarakat umum yang juga turut berpartisipasi.

Jajaran pengurus DWP Kabupaten Jombang. (Rabithah)

Lilik Agus Purnomo menerangkan, “Sebelum agenda ini, pengurus DWP Kabupaten Jombang juga telah ikut andil dalam acara bakti sosial gabungan panitia Perayaan Hari Besar Nasional (PHBN) Kabupaten Jombang. Diantaranya menyerahkan batuan sosial berupa 100 paket Sembako di enam kecamatan yaitu, Plandaan, Kabuh, Kudu, Ngusikan, Bareng dan Wonosalam pada Senin (15/8).”

Bagian pendaftaran bakti sosial dan donor darah. (Rabithah)

Salah satu peserta donor darah, Kepala SMP Negeri 1 Tembelang, Imam Suhardi, S.Pd. mengaku sengaja datang lebih awal untuk menghindari mengantre terlalu lama. Tak lupa ia juga mengimbau seluruh guru maupun staf nya di satuan pendidikan untuk juga turut serta berpartisipasi memeriahkan HUT RI ke-7 dengan cara yang berbeda ini.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama