Keseruan lomba estafet sarung. (ist)


JOMBANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan cakupan kinerja yang cukup luas, tentunya membutuhkan sebuah kesolidan kinerja antar lini agar mampu memberikan pelayanan secara prima pada segenap elemen masyarakat. Kekompakan peforma tersebut, jika diibaratkan ialah sebuah bahan bakar yang dibutuhkan suatu mesin agar tetap menyala dan dapat dipacu maksimal.

Oleh karena itu, dalam memperingati momen ke 77 HUT Republik Indonesia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menggelar kegiatan bertajuk Lomba Agustusan Antar Bidang Pembinaan yang dipandegani langsung oleh Bidang Sub Bagian Umum dan Kepegawaian pada (19/8) lalu. Berlangsung di lapangan Bola Voli Disdikbud Kabupaten Jombang, lomba yang diikuti oleh seluruh kepala maupun staf setiap bidang pembinaan, terbagi dalam beberapa jenis baik beregu dan non-regu.

Melalui kegiatan sederhana semacam lomba yang diadakan secara berkala ini, dapat mencerminkan kekompakan kinerja setiap lini dalam bidang pembinaan.

Kepala Bidang Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Disdikbud Kabupaten Jombang, Supartini, S.Sos., M.M. menuturkan, kedua jenis lomba tersebut kemudian diturunkan lagi menjadi beberapa bagian. Pada jenis non-regu setiap bidang pembinaan wajib mendelegasikan perwakilan stafnya mengikuti dua perlombaan yakni, memasukkan paku ke botol dan oper tempeh.

Baca Juga: Semangat Bersemi di MPLS

“Sedangkan untuk jenis beregu, seluruh staf sampai kepala bidang pembinaan diwajibkan mengikuti lomba Bola Voli dan estafet sarung. Keseluruhan aturan main dalam perlombaan ini murni digagas dengan prinsip kekeluargaan. Selain itu, tujuannya juga diharapkan sejalan dengan upaya memupuk motivasi kinerja setiap bidang pembinaan yang tercermin dari kekompakan dalam memenangkan setiap lomba,” imbuh Supartini.

Penyerahan Juara I dan 2 Lomba Voli. (ist)

Sementara itu, dari kacamata Juara Umum yang berhasil direbut oleh Bidang Pembinaan SMP, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP, Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Jombang, Rhendra Kusuma, S.Kom. membenarkan, secara esensial, melalui kegiatan sederhana semacam lomba yang diadakan secara berkala ini, dapat mencerminkan kekompakan kinerja setiap lini dalam bidang pembinaan. Sehingga, rasa puas dan kebanggannya atas kemenangan yang diraih memang bermuara pada simpul gotong-royong yang menjadi etos kerja sehari-hari.

Para Juara lomba non-regu dari setiap bidang. (ist)

Rhendra Kusuma menjabarkan, “Secara khusus di Bidang Pembinaan SMP, rasa keguyuban memang menjadi motor utama dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan. Hal ini turut nampak, ketika seluruh staf sudah terbiasa mengemban amanat serta tugas yang sebenarnya bukan tupoksinya. Sebab, saka guru bekerjanya telah dilandasi dengan semangat kekeluargaan, dan ini merupakan pelecut untuk senantiasa menghasilkan pelayanan terbaik bagi terhadap seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama