Satu porsi Es Buah Sari Roso. (Rabithah)


JOMBANG – Siapa yang tak kenal dengan es buah, hampir semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa sebagian besar pernah mencicipinya. Penjualnya pun terbilang mudah dijumpai di seluruh sudut Kota Santri. Namun, kali ini Majalah Suara Pendidikan berkesempatan menjajal Es Buah Sari Roso cabang utama yang berlokasi di Jalan KH. Hasyim Asyari Desa Denanyar, Kecamatan Jombang.

Sekilas tidak ada yang moncer dari tampilan gerobak yang didominasi warna hijau dan merah muda ini. Menariknya di sekitar gerobak tersebut berjejer antrean pembeli yang cukup mengular, belum lagi para pembeli yang telah memesan namun ditinggal kemudian diambil pada waktu yang telah disepakati.

Sembari menunggu giliran memesan, seakan dibuat galau memikirkan banyaknya pilihan rasa yang ditawarkan seperti, original atau susu, melon, durian, cokelat, leci dan stroberi. Beruntungnya masih dapat berbincang dengan Pemilik Es Buah Sari Roso, Mulyono yang memberikan rekomendasi rasa andalan dan paling diminati pembeli yaitu rasa melon.

Konsistensi menjaga rasa karena menggunakan buah segar, 100 persen gula asli dan porsi jumbo menjadi identitas yang terus dipegang erat.

Akhirnya pesananpun siap, sempat merasa kaget melihat ukuran porsinya yang terbilang jumbo. Suguhan isian dari beragam buah-buahan seperti melon, semangka, pepaya, blewah, biji selasih serta warna-warni dan ragam bentuk jeli dan nata de coco yang sangat memanjakan mata.

Seakan tak sabar ingin segera menyruputnya. Sendokan pertama saya sasarkan pada kuah sirup yang berwarna kehijauan. Selain sudah pasti tercium aroma buah melon, terdapat aroma khas susu kental manis yang juga tak kalah mendominasi.

Baca Juga: Cantik dan Sehat Ala DWP Disdikbud Kabupaten Jombang

Manisnya pas dan sangat segar bak air terjun yang mengalir ke tenggorokan, cocok sekali ditenggak kala terik matahari mengganas di siang hari. Selanjutnya ketika dipadukan dengan buah kian memperkaya cita rasanya, manis sedikit asam berpadu elok memanjakan lidah. Sentuhan terakhir yaitu jeli dan nata de coco yang bertekstur kenyal menjadikannya kian sempurna.

Satu porsi Es Buah Sari Roso. (Rabithah)

Ketika dijumpai usai dagangannya ludes terjual, Mulyono menyampaikan bahwa telah berjualan Es Buah Sari Roso sejak tahun 2014. Resep atau takaran membuat Es Buah ini ia pelajari secara otodidak, hingga kini tak sekalipun berubah meski terkadang terjadi kenaikan dan penurunan harga gula, susu kental manis maupun buah-buahan.

Mulyono menegaskan, “Konsistensi menjaga rasa karena menggunakan buah segar, 100 persen gula asli dan porsi jumbo menjadi identitas yang terus dipegang erat. Hingga kini berhasil memiliki empat cabang di Kabupaten Jombang dan satu di Kota Kediri.”

Gerobak Es Buah Sari Roso cabang utama di jalan KH. Hasyim Asyari, Desa Denanyar Kecamatan Jombang. (Rabithah)

Mulai buka dari jam 09:30 s.d 16:30 WIB. Perharinya masing-masing cabang berhasil menjual sekitar 200 hingga 500 porsi dengan harga per porsinya hanya Rp. 6.000, sungguh tidak sampai merogoh kocek bukan, selamat mencoba jangan sampai kehabisan!

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Cabang Es Buah Sari Roso:


1. Desa Denanyar, Kecamatan Jombang

2. Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek

3. Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang

4. Dusun Plumpung, Desa/Kecamatan Perak

5. Desa Kaliombo, Kota Kediri.

Lebih baru Lebih lama