Pemaparan gagasan. (Donny)


BANDAR KEDUNGMULYO – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Bandar Kedungmulyo pada Selasa (20/9) menggelar Rapat Dinas serta Pembinaan Kinerja yang bertempat di Ruang Kelas I SDN Banjarsari Bandar Kedungmulyo. Tak hanya dihadiri seluruh anggota K3S yang merupakan kepala SD se Kecamatan Bandar Kedungmulyo, kegiatan ini turut dihadiri Pengawas serta Koordinator Wilayah Kerja Pendidikan (Korwilker) Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Dimulai pada pukul 09.30. WIB, rapat diawali dengan mendedah serangkaian rencana kinerja K3S Kecamatan Bandar Kedungmulyo dalam menyongsong pelbagai agenda kompetisi seperti Pekan Olahraga (POR) SD dan Lomba Keagamaan, yang digawangi Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang dan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Kesiapan yang dilakukan meliputi penjaringan peserta didik di tingkat kecamatan sekaligus pembinaan berkelanjutannya.

Ketua K3S Kecamatan Bandar Kedungmulyo, yang juga menjabat sebagai Kepala SDN Kayen Bandar Kedungmulyo, Samiadi, S.Pd. menjelaskan, selain membahas kesiapan penjaringan bakat minat peserta didik dalam mengarungi dua kompetisi tersebut, hal lain yang menjadi bahan diskusi forum ialah, mencari metode yang tepat untuk selalu mendongkrak eksistensi semua SD se-Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Sebab, kedua kinerja tersebut tetap menjadi landasan utama sekaligus magnet untuk menarik kepercayaan masyarakat terhadap kompetensi semua SD di wilayah barat Telatah Kebo Kicak ini.

Terpenting pula untuk digarisbawahi ialah komitmen pada proses dan tidak cukup hanya disiapkan dalam waktu dekat. Maka ekstrakurikuler sebagai wadah pengglembengan kecapakan tambahan peserta didik dapat dimanfaatkan dengan laik.

“Oleh karenanya, penjaringan dan pembinaan baik di perlombaan akademik dan non-akademik kita giatkan intensif secara bersamaan. Harapannya supaya muncul nama/perwakilan peserta didik dari Kecamatan Bandarkedungmulyo mampu berprestasi hingga tingkat kabupaten. Senyampang itu pula, untuk menggaungkan gebyar sarwa (baca : seluruh) SD se-Kecamatan Bandar Kedungmulyo dan menarik simpati khalayak umum, kami sudah bersepakat untuk menggelar beberapa perhelatan. Termasuk parade drumband dalam peringatan Hari Santri yang akan terselenggara di wilayah selatan Kecamatan Bandar Kedungmulyo,” terang Samiadi.

Baca Juga: Pertarungan Sengit di Final Pickleball Cup I Jombang 2022

Sementara itu dalam melaksanakan pembinaan, Pengawas SD Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Ahmad Mundir, S.Pd. M.M. menyampaikan, untuk memaksimalkan kesiapan dan pembinaan secara maksimal, maka kepala satuan pendidikan mesti melibatkan stakeholders yang berada di sekitar lingkungannya. Tujuannya jelas, agar dukungan mengalir dari segala lini.

Suasana pendiskusian program kerja. (Donny)

“Terpenting pula untuk digarisbawahi ialah komitmen pada proses dan tidak cukup hanya disiapkan dalam waktu dekat. Maka ekstrakurikuler sebagai wadah pengglembengan kecapakan tambahan peserta didik dapat dimanfaatkan dengan laik,” tegas Ahmad Mundir.

Penyampaian pendapat dalam forum. (Donny)

Terakhir dijumpai sewaktu penghujung rapat dan pembinaan, Korwilker Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Arifin, S.Pd. mengaku cukup mengapresiasi kinerja kepala SD se-Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Terutama keguyuban dan kekompakan dalam mengkail bibit prestasi peserta didik.

Tari sambutan yang dibawakan oleh peserta didik SDN Banjarsari. (ist)

Arifin mengatakan, “Kebersamaan ini turut tercermin dari lahirnya branding baru yang dimunculkan beberapa SD mulai dari bertajuk keagamaan sampai seni. Taktis, keunikan dan karakteristik ini memantik minat wali peserta didik baru untuk menyekolahkan putra-putrinya yang juga berimbas ke kenaikan jumlah peserta didik baru di Kecamatan Bandar Kedungmulyo.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama