Pembekalan pengurus dan anggota KIM Kampoeng Kwaron. (ist)


“Saat ini kami tidak berada di era informasi, kami berada di zaman hiburan.” - Tony Roberts

DIWEK – Informasi sekarang ini seolah menjadi santapan wajib. Setiap orang berhak memperoleh dan mengakses informasi yang dibutuhkan. Tidak terkecuali dalam mencakup kebutuhan masyarakat yang sangat hiterogen. Oleh karena itulah, Desa Kwaron, Kecamatan Diwek berinisasi membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang bernama Kampoeng Kwaron.

Media yang digunakan sekarang ini memakai laman blogspot di alamat kampoengkwaron.blogspot.com kemudian dilanjutkan dengan disebarkan melalui sosial media Kampoeng Kwaron.

Ketua KIM Kampoeng Kwaron, Saiful Mu’alimin bahwa mulai beroprasi pada 2020 sebagai media informasi desa. Selain itu pula menjadi ajang promosi produk yang dihasilkan orang masyarakat sekaligus sebagai sarana hiburan.

Baca Juga: KB Flamboyan Trisula dan TK Trisula II Jombang Ciptakan Kenangan Indah

“Bukan itu saja, kami pun membuat pelatihan hydroponik serta cara membuat produk Usaha Mikri Kecil Menengah (UMKM). Selanjutnya dapat dipromosikan melalui Kampung Kwaron,” terang Saiful Mu’alimin yang juga menjawab sebagai Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Jombang.

Kepala Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Wiji Santoso. (Rabithah)

Media yang digunakan sekarang ini memakai laman blogspot di alamat kampoengkwaron.blogspot.com kemudian dilanjutkan dengan disebarkan melalui sosial media Kampoeng Kwaron ujar Ketua Bidang Penyebaran Informasi, KIM Kampoeng Kwaron, Sakimin. Selain itu juga rutin membuka ruang dialog dengan sejumlah tokoh yang potensial untuk membahas tema tertentu ataupun belajar dari pengalamannya yang kemudian disebarkan melalui kanal YouTube KampoengKwaronTV.

Ruang Podcast KIM Kampoeng Kwaron. (Rabithah)

Sukimin menuturkan, “Ini adalah salah satu contoh praktik setelah anggota Kampoeng Kwaron memperoleh pelatihan jurnalistik. Baik itu media tulis maupun visual dan audio-visual.”

Pelantikan KIM Kampoeng Kwaron. (ist)

Sementara menurut Kepala Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Wiji Santoso, mengatakan bahwa sangat mendukung kegiatan yang selama ini diinisiasi KIM Kampoeng Kwaron. Kedepannya akan memasukan program tersebut pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk pendanaan. Terlebih telah mampu menorehkan prestasi setelah lolos enam besar Program Kegiatan Masyarakat Berbasis Kelompok yang digelar oleh Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Jombang tahun 2021.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa
Lebih baru Lebih lama