Rahmat Beri Santoso mencontohkan teknik passing. (Donny)


KESAMBEN – SDN Carangrejo II Kesamben pada Kamis (22/9) menyambut kepulangan salah satu alumnusnya yakni Rahmat Beri Santoso. Bertempat di halaman sekolah, penyambutan yang digelar pun bukan tanpa alasan. Sebab, sosok eks peserta didik SDN Carangrejo II Kesamben yang lulus tahun 2015 ini turut berperan dalam menyokong peforma ciamik Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 dengan hasil akhir mampu memuncaki klasemen Grup F.

Kendati belum mencetak gol, namun selama penampilan sebagai striker dibawah asuhan Coach Shin Tae Young yang menerapkan pola permainan sepakbola modern dengan lebih disiplin nan terbuka, mampu dituntaskan secara apik oleh mantan punggawa Persebaya U-15 ini. Hal ini dibuktikkan dengan menonjolnya gaya olah si kulit bundar yang ditunjukkannya cukup maksimal kala skuad garuda muda Indonesia melumat Timnas Hongkong dengan skor 5-1 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9).

Kedisiplinan dan motivasi merupakan dua hal yang saling mengikat dalam membangun kepercayaan diri di dunia atletik yang selalu ditempa dengan aneka kompetisi.

“Atas keberhasilan ini, kami turut mengajak peserta didik meneladani perjuangan Rahmat Beri Santoso sebagai alumnus yang telah berprestasi di kancah nasional. Untuk itulah sambutan terhelat tak sekadar seremoni semata. Melainkan turut kami meriahkan dengan sesi berlatih teknik dasar sepakbola secara bersamaan. Tujuannya supaya peserta didik memahami dasar berolahraga sepabola dengan baik dan benar,” tutur Kepala SDN Carangrejo II Kesamben, Zahrotus Saniyah, S.Pd.SD.

Baca Juga: Doa Bersama Mengenang Tujuh Tokoh Seni Jombang Merangkai Kebaikan dalam Bait Karya

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Mantan Kepala SDN Carangrejo II Kesamben masa kepemimpinan 2013-2021, Ailfatchul Mubin, S.Pd. dan juga Koordinator Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Kesamben, Mulyo Wasis, M.Pd. keduanya bersepakat bahwa dengan prestasi yang telah ditorehkan Rahmat Beri Santoso saat ini, haruslah diikuti dengan kerja keras seluruh pemegang jabatan pendidikan di lingkup Kecamatan Kesamben untuk mulai menjaring bibit-bibit atlet sedari sekolah dasar. Tak lupa pula, pembinaan yang masih dan menyeluruh mesti dilakukan agar regenerasi serta prestasi yang dituju mampu sejalan beriringan.

Pembukaan jelang latihan bersama. (Donny)

Sementara itu menurut Rahmat Beri Santoso, yang utama sewaktu proses pembinaan selain pemberian materi seputar teknik, peserta didik juga wajib ditanamkan ihwal menumbuhkan sikap kedisiplinan. kedisiplinan juga wajib ditanamkan. Apabila kedisplinan telah dipupuk sedari jenjang sekolah dasar, maka motivasi dan segala bentuk evaluasi akan lebih mudah diserap.

Penyerahan cinderamata kepada Rahmat Beri Santoso. (Donny)

Rahmat Beri Santoso menegaskan. “Kedisiplinan dan motivasi merupakan dua hal yang saling mengikat dalam membangun kepercayaan diri di dunia atletik yang selalu ditempa dengan aneka kompetisi. Maka dari kala kepercayaan diri sudah tumbuh mengakar, meraih juara bukan sesuatu yang mustahil. Tak terkecuali bagi selururuh peserta didik Kecamatan Kesamben, khususnya SDN Carangrejo II Kesamben.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama