Suasana latihan Bola Voli. (Donny)


PLANDAAN – Keunggulan peserta didik dalam bidang olahraga, jika dibina serta diberikan arahan yang tepat bukan tidak mungkin menjadi pelung besar dalam mendulang prestasi yang membanggakan. Itulah yang sekarang gencar dilakukan oleh SDN Tondowulan I Plandaan, potensi peserta didik di bidang olahraga diwadahi serta diberikan pendampingan sebagai salah satu upaya dalam mengukir kegemilangan.

Dari pelatihan yang sudah dijalankan ini, semoga mampu menjadi cikal bakal peserta didik dalam berkompetisi dan menjaring prestasi yang membanggakan.

Dikatakan oleh Plt. Kepala SDN Tondowulan I Plandaan, Jupri Supratikno, S.Pd. kebanyakan peserta didiknya gandrung dan menekuni olahraga lari, voli, serta lompat jauh. Namun begitu dalam penggemblengannya diprioritaskan bagi peserta didik kelas IV dan V dengan mempertimbangkan kekuatan fisiknya. Jadi kalau nanti disiapkan mengikuti kompetisi sudah siap berlatih lebih keras dan bertanding melawan lawan barunya.

Baca Juga: Mengawal Penguatan Lima Intervensi PSP jenjang SD

“Tak sekadar ikut serta latihan saja, namun peserta didik akan dilatih dalam hal ketangkasan, kekuatan fisik, sekaligus kepercayaan dirinya agar lebih memiliki keberanian menghadapi lawan baru,” ungkap Jupri Supratikno.

Peserta didik mempratikkan lompat jauh. (Donny)

Oleh sebab itu, ketika latihan rutin kala ektrakurikuler tidak hanya diberikan materi dasar-dasar cabang olahraga tersebut, tegas Jupri Supratikno yang juga guru PJOK SDN Tondowulan I Plandaan ini. Melainkan juga motivasi untuk mengusung kepercayaan diri serta keberanian peserta didik.

Peserta didik sewaktu berlatih Kids Atletik. (Donny)

Guru Kelas IV, SDN Tondowulan I Plandaan, Puji Astutik, S.Pd. mengakui bila dalam mekanisme penjaringan peserta didik yang dilakukan secara tepat. Akhirnya mampu melahirkan bibit unggul yang memiliki kemampuan dalam bidang olahraga yang digelutinya. Seraya tetap memberikan pelatihan sesuai dengan porsinya kepada peserta didik lain yang memiliki niat di cabang olahraga tersebut. Sehingga diharapkan mampu semakin matang dan mampu untuk unjuk kebolehan.

Jupri Supratikno saat memberikan pengarahan peserta didiknya sebelum berlatih Atletik. (Donny)

Puji Astutik mengharapakan, “Dari pelatihan yang sudah dijalankan ini, semoga mampu menjadi cikal bakal peserta didik dalam berkompetisi dan menjaring prestasi yang membanggakan. Bukan saja bagi diri mereka saja, namun pastinya satuan pendidikan dan civitas akademika semuanya.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

SDN TONDOWULAN I PLANDAAN


Tahun Berdiri: 1965

Jumlah Guru: 12

Jumlah Peserta Didik: 103

Akreditasi: B

Prestasi: Juara I Lomba Lari O2SN Tingkat Kecamatan, Tahun 2020.

Lebih baru Lebih lama