Peserta didik juga ditantang untuk mencari topik liputan yang menarik. (Donny)


JOMBANG – Banyak cara yang dapat dilakukan guna menimba ilmu baru dalam sebuah rangkaian pembelajaran. Selain dipandu guru dalam kelas seperti pada umumnya, mendatangkan pemateri profesional hingga melaksanakan kunjungan langsung ke tempat-tempat yang mampu menyelenggarakan praktik edukasi dapat menjadi alternatif pilihan.

Seperti yang dilaksanakan oleh segenap civitas akademika dan 18 peserta didik yang tergabung dalam tim Reporter Cilik Kelas Literasi SMP Islam Al Madinah Jombang. Penuh antusias mereka berkunjung ke Kantor Redaksi Majalah Suara Pendidikan (MSP) pada Kamis (22/9) dengan maksud memperoleh ilmu untuk mengobarkan semangat berliterasi di satuan pendidikannya.

Senang bisa berkunjung ke kantor redaksi MSP. Selain hal baru baginya juga dapat langsung berinteraksi dengan pimpinan redaksi, admin hingga para reporter.

Turut membersamai pula Kepala SMP Islam Al Madinah Jombang, Abd. Mukhid, S.Pd. yang menyampaikan bahwa Kelas Literasi sebenarnya telah ada sejak tahun 2016, namun lantaran belum ada tim pembina yang secara khusus menangani maka kegiatan kurang berjalan efektif. Untuk itu, pada tahun 2022 ini bertekad memulihkan kembali gelora literasi pada satuan pendidikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial NU Al Madinah ini.

Baca Juga: SDN Turipinggir I Megaluh Rindangkan Lingkungan Satuan Pendidikan

Abd. Mukhid mengatakan, “Salah satunya dengan menyelenggarakan acara kunjungan ini, berharap para guru pembina memperoleh pandangan baru untuk membentuk tim literasi yang kreatif dan bebrbasis teknologi. Sedangkan untuk para peserta didik diharapkan mampu mengelola media sosial satuan pendidikan seperti website, instagram, facebook hingga suatu saat nanti mampu mencetak majalah satuan pendidikan.”

Kepala satuan pendidikan SMP Islam Al Madinah Jombang, guru dan seluruh peserta didik berfoto bersama. (Rabithah)

Pemimpin Redaksi MSP, Rahmat Sularso Nh, S.Pd. menerangkan bahwa seluruh tim redaksi MSP dengan tangan terbuka memberikan segala informasi yang dibutuhkan baik itu bagi guru pembina dan peserta didik perihal gerakan literasi atau kegiatan jurnalistik. Diantaranya materi yang disampaikan perihal perkembangan media; teknik peliputan berita; teknik menulis, fotografi hingga publikasi dan pengelolaan media sosial.

Setelah mendapatkan materi terkait penulisan dilanjutkan dengan praktik menulis berita. (Donny)

Salah satu peserta didik SMP Islam Al Madinah Jombang, Ahmad Fadil Maulana mengaku senang bisa berkunjung ke kantor redaksi MSP. Selain hal baru baginya juga dapat langsung berinteraksi dengan pimpinan redaksi, admin hingga para reporter. Terlebih adanya kegiatan praktik wawancara dan menulis berita tentu kian memacu semangat untuk mengembangkan potensi diri di bidang jurnalistik.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama