Senam bersama yang langsung dipimpin Ketua KORMI Kabupaten Jombang. (Rabithah)


MEGALUH – Anggota pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Jombang menggelar Sosialisasi Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Djadoel dan Poco-poco bersama segenap civitas akademika dan peserta didik SMP Negeri 1 Megaluh. Acara berjalan semarak bertempat di lapangan basket SMP Negeri 1 Megaluh, pada Jumat (8/9).

Pembinaan olahraga harus terwujud sehingga olahraga menjadi budaya, artinya olahraga menjadi kebutuhan setiap orang. Terlebih sosialisasi senam ini juga dinilai menebarkan tren berolahraga yang juga menggembirakan.

Ketua KORMI Kabupaten Jombang yang secara langsung memimpin senam, Wiwin Isnawati Sumrambah, menyampaikan bahwa sosialisasi senam ini merupakan agenda rutin yang bertujuan menebarkan semangat hidup sehat dan budaya berolahraga. Selain itu juga memopulerkan senam asli nusantara diantaranya adalah SJK Djadoel atau versi asli, Poco-poco dan Maumere.

Baca Juga: SMP Khoiriyah Sumobito Mencetak Generasi Tahfidz di Kelas Unggulan

Wiwin Isnawati Sumrambah mengatakan, “Sasarannya pun beragam, mulai dari masyarakat umum, pegawai pemerintahan serta peserta didik. Satuan pendidikan yang menjadi sasaran pada tahun ini ada lima, salah satunya adalah SMP Negeri 1 Megaluh. Acara utamanya merupakan sosialisasi senam, namun setelah itu terdapat agenda pelengkap yaitu dialog kesehatan dan minum susu bersama.”

Pemberian CD audio-video senam SKJ Djadoel dan Poco-poco. (Rabithah)

Pengurus KORMI Kabupaten Jombang telah menyediakan sekitar 300 kotak susu bagi peserta didik di setiap satuan pendidikan sasaran sosialisasi, imbuh perempuan yang memiliki hobi bercocok tanam itu. Saat dialog kesehatan tak lupa senantiasa mengingatkan peserta didik untuk memenuhi kecukupan gizinya, terutama pada menu sarapan. Selain itu rutin mengonsumsi suplemen penambah darah untuk menghindari penyakit anemia yang sering dialami peserta didik jenjang SMP hingga SMA.

Dialog kesehatan yang digelar usai senam bersama. (Rabithah)

Kepala SMP Negeri 1 Megaluh, Drs. Ahmad Su’ud mengutarakan bahwa bersyukur satuan pendidikan yang dipimpinnya terpilih menjadi sasaran sosialisasi ini. Dikarenakan terdapat kuota peserta didik yang mengikuti acara sosialisasi, maka hanya diperuntukkan bagi peserta didik kelas VII dan VIII. Sedangkan untuk kelas IX akan dilakukan secara mandiri pada kesempatan berikutnya yang juga tetap mendapat jatah susu dan suplemen penambah darah.

Acara minum susu bersama. (Rabithah)

Ahmad Su’ud, menandaskan bahwa pembinaan olahraga harus terwujud sehingga olahraga menjadi budaya, artinya olahraga menjadi kebutuhan setiap orang. Terlebih sosialisasi senam ini juga dinilai menebarkan tren berolahraga yang juga menggembirakan. Kedepannya akan melaksanakan senam SKJ Djadoel dan Poco-poco ini secara rutin sekitar satu hingga dua minggu sekali.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama