Senen saat meresmikan Musala Shofa-Marwah SMP Negeri 1 Megaluh. (Rabithah)


MEGALUH – Peringatan hari kelahiran atau biasa dikenal Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal, pada tahun ini tampak istimewa bagi segenap civitas akademika SMP Negeri 1 Megaluh. Hal ini dikarenakan selaian agenda selawatan, doa bersama dan ceramah oleh KH. Nur Hadi atau Mbah Bolong, digelar pula agenda peresmian Musala Shofa-Marwah.

Selain menjaga bangunan yang memiliki arsitektur unik ini secara fisik juga harus mampu menghidupkannya dengan pelbagai kegiatan.

Turut hadir secara langsung Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Senen, S.Sos., M.Si. yang menyampaikan bahwa sangat bangga dengan satuan pendidikan yang mampu gotong royong dan mandiri dalam membangun sebuah musala. Harapannya Musala Shafa-Marwah ini menjadi pemantik semangat dalam menjalankan pembelajaran dan ibadah keagamaan.

Baca Juga: Pagelaran Tari Remo Boletan Massal 41.112 Peserta Berhasil Pecahkan Rekor Muri

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Jombang, Bambang Rudy Tjahjo Surjono, M.Pd. menambahkan bahwa keberadaan bangunan musala yang laik menjadi salah satu fasilitas potensial penunjang pembelajaran. Tak terkecuali yang sangat relevan dengan program kebanggaan Kota Santri yaitu Muatan Lokal Keagamaan dan Pendidikan Diniyah.

Segenap tamu undangan bersama dengan jajaran guru SMP Negeri 1 Megaluh. (Rabithah)

Bambang Rudy Tjahjo Surjono mengatakan, “Sehingga kedepanya, selain menjaga bangunan yang memiliki arsitektur unik ini secara fisik juga harus mampu menghidupkannya dengan pelbagai kegiatan. Diantaranya adalah kegiatan Salat Duha dan zuhur berjamaah, mengaji kitab kuning hingga pelbagai perayaan hari besar Islam.”

Ceramah oleh KH. Nur Hadi. (Rabithah)

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Megaluh, Drs. Ahmad Su’ud menjelaskan bahwa sebenarnya SMP Negeri 1 Megaluh telah memiliki musala di halaman belakang satuan pendidikan, namun dirasa kurang luas untuk menampung peserta didik ketika salat berjamaah. Kemudian bertekad membangun musala yang baru mulai Desember 2020 semasa kepemimpinan Drs. Tamamul Badri dengan arsitek perwakilan dari Komite Satuan Pendidikan yaitu Ir. Sunan.

Seluruh tamu undangan yang hadir. (Rabithah)

Ahmad Su’ud memaparkan, “Meskipun belum jadi secara sempurna namun semangat para civitas akademika SMP Negeri 1 Megaluh untuk segera menggunakan musala ini begitu besar. Hingga bulan Juni 2022 musala ini mulai dapat dipergunakan untuk salat berjamaah. Perihal rinciannya pembangunan ini telah menghabiskan dana sebesar Rp 370 juta. Dana tersebut berasal dari iuran sukarela dari pelbagai pihak, mulai dari guru, wali peserta didik, alumni hingga masyarakat luas. Sehingga rasa syukur dan terimakasih tak hentinya kami sampaikan kepada pihak yang telah mendukung berdirinya musala ini.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama