Sujono, S.Pd. (Rabithah)


PLOSO – Sebagai kepala satuan pendidikan tentu harus pandai membagi waktu dari segudang pekerjaan yang segera dituntaskan. Ibarat kata pepatah Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui harus diejawantahkan dengan baik untuk efisiensi waktu dan tenaga yang harus dicurahkan.

Langkah tersebutlah yang tercermin dari Kepala SDN Rejoagung Ploso, Sujono, S.Pd. dalam perjalanannya merampungkan sebuah karya best practice dengan judul Peningkatan Keterampilan Melagukan Tembang Pangkur pada Guru SDN Rejoagung Ploso melalui Pelatihan Tahun 2022. Sehingga menjadikannya sebagai Juara I Kepala SD Berprestasi tingkat Kabupaten Jombang tahun 2022.

Setelah merampungkan pelatihan selanjutnya menuliskan dalam bentuk best practice selama satu bulan. Ia mengakui bahwa melakukan kegiatan menulis tersebut kala malam hari atau ketika waktu senggang agar bisa fokus.

Dijumpai disela kesibukannya, Sujono menegaskan bahwa secara pribadi sebagai kepala satuan pendidikan harus memegang teguh prinsip senantiasa menggali potensi dirinya, gurunya, dan peserta didiknya. Setelah potensi tersebut terfasilitasi dengan baik maka mengukir prestasi bukan lagi sebagai hal yang mustahil bagi semuanya.

Baca Juga: Smart Kehati Ajak Peserta Didik Lebih Peka Keanekaragaman Hayati

Sujono mengatakan, “Sengaja memikirkan ide karya tulis ilmiah yang tak hanya tersusun rapi namun juga memberikan manfaat bagi lingkungannya. Setelah melakukan kajian sederhana, ternyata didapati di satuan pendidikan binannya belum ada guru atau tenaga kependidikan yang bisa mengajarkan kesenian Jawa khususnya Macapat kepada peserta didiknya.”

Padahal telah banyak ajang yang memperlombakan Macapat baik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang maupun pihak lainnya, imbuh Sujono. Senyampang hal tersebut juga ingin membagikan kepiawaiannya dalam melagukan tembang macapat.

Sujono, S.Pd. (Rabithah)

“Ilmu Macapat secara dasar saya dapat sewaktu duduk di bangku kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sehingga sedikit banyak masih ingat tekniknya, seperti beberapa judul andalan yaitu Pangkur, Kinanti, dan Dandang Gulo. Pelatihan Macapat tersebut dilakukan sebanyak dua kali pada bulan Januari 2022. Bersyukurnya para guru terbilang antusias mengikuti. Sehingga banyak bahan tulisan yang didapat selama memberikan pelatihan,” ujar pria yang telah menjadi kepala satuan pendidikan selama lima tahun itu.

Pria yang juga menjabat Sekretaris Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Ploso itu menandaskan bahwa setelah merampungkan pelatihan selanjutnya menuliskan dalam bentuk best practice selama satu bulan. Ia mengakui bahwa melakukan kegiatan menulis tersebut kala malam hari atau ketika waktu senggang agar bisa fokus.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

BIODATA


Nama : Sujono, S.Pd.

Hobi : Menyanyi, Membaca Berita dan Menonton Pertandingan Olahraga

Idola : Dr. K.H. Ahmad Mustofa Bisri

Prestasi :

a. Juara I Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang tahun 2015

b. Juara III Kepala SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang tahun 2019

c. Juara Harapan I Kepala SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang tahun 2020

d. Juara I Kepala SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang tahun 2022

Lebih baru Lebih lama