Ilustrasi peserta didik sedang melakukan kegiatan pramuka. (ist)


Iftato’ Uddin, M.Pd.*

Organisasi gerakan kepanduan dunia (World Organization Of The Scout Movement) adalah organisasi dunia non-pemerintahan yang menaungi gerakan kepanduan di seluruh dunia yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss di dirikan pada tahun 1920.

Dalam kegiatan pramuka tersebut kakak-kakak Pramuka Gudep 16-77/16-78. Secara bersama-sama dan kompak musyawarah menentukan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dalam kegiatan tersebut.

Bapak Pramuka dunia sudah tidak asing lagi di telinga kita, khususnya bagi seorang yang aktif dalam kegiatan Pramuka. Bapak Pramuka dunia Robert Stephenson Smyt Powel (Boden Powel).

Baca Juga: Mie Basah Solikin Harga Bertahan, Keuntungan Tetap Didapatkan

Pada peringatan hari Pramuka yang diadakan setiap tanggal 14 Agustus ini, gudep pangkalan SMP Negeri 1 Jogoroto 16-77 / 16-78. telah mengadakan kegiatan Kepramukaan pada Sabtu dan Minggu (13-14/8) dalam bentuk Perkemahan Sabtu Minggu (Persami).

Para kakak pramuka sedang bermusyawarah menentukan materi kegiatan persami di sekolah.

Adapun materi dalam kegiatan tersebut mewujudkan gerakan Pramuka bersifat mandiri. Artinya penyelenggaraan Pramuka dilakukan secara otonom dan bertanggungjawab disamping itu juga bersifat suka rela dalam mentaati ketentuan dan peraturan di lingkungan Pramuka. Di samping itu penekanan dalam kegiatan tersebut harus memiliki tiga sifat atau ciri khas, yaitu :

1. Nasionalisme, penyelenggaraan kegiatan Pramuka harus menyesuaikan pendidikannya

2. Internasional, mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan sesama Pramuka dan sesama manusia.

3. Universal, digunakan dimana saja untuk mendidik anak-anak dari seluruh bangsa

Suasana semangat dan antusias peserta Persami di SMP Negeri 1 Jogoroto.

Dalam kegiatan pramuka tersebut kakak-kakak Pramuka Gudep 16-77/16-78. Secara bersama-sama dan kompak musyawarah menentukan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dalam kegiatan tersebut. Adapun kegaiatan tersebut telah diputuskan yaitu; PBB, outbond dengan materi tentang sarat kecapan umum, bakti sosial di lingkungan sekitar sekolahan, dan ditutup dengan api unggun. Sebagai ajang bakat dan kreasi anggota Pramuka.

Iftato’ Uddin, M.Pd.

*) Guru SMP Negeri 1 Jogoroto.

Lebih baru Lebih lama