Peserta didik berlatih drumband di halaman SDN Kebondalem III. (Donny)


BARENG – Berlokasi di tengah perbukitan tepatnya di belantara punggung Bukit Ngares yang menghubungkan antara Kabupaten Jombang dan Kediri, nampaknya tak sedikitpun menghalangi nyali para civitas akademika SDN Kebondalem III Bareng untuk selalu unjuk gigi di tingkat kecamatan maupun kabupaten. Dibuktikkan dengan torehan prestasi yang direngkuh dari pelbagai geliat kompetisi dari bidang non-akademik khususnya seni.

Tercatat sejak satu warsa lalu mulai dari jenis perlombaan menyanyi, tari, serta seni lainnya SDN Kebondalem III Bareng tak pernah alpa dalam deretan perebutan jawara di tingkat kecamatan. Termasuk di ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), kegemilangan tersebut memuncak dengan torehan Juara Harapan III untuk ajang Menyanyi Tunggal tingkat kabupaten.

Adanya sinergi antar guru dan kepala satuan pendidikan dalam menyaring bibit prestasi, telah membuahkan hasil yang nyata. Meski demikian peran guru tidaklah mutlak dalam mengantar keberhasilan peserta didik, mesti ditambah pula dukungan dari wali peserta didik.

Kepala SDN Kebondalem III Bareng, Sesulih Purwikaningsih, S.Pd. menjabarkan, “Hasil yang ada saat ini tak lantas di dapat secara instan. Konsistensi lewat penjaringan bakat minat seni sedari kelas III selalu diupayakan. Baik melalui kegiatan Pramuka maupun materi pembelajaran di kelas yang berkesinambungan dengan dunia seni khususnya menyanyi.”

Baca Juga: Mie Basah Solikin Harga Bertahan, Keuntungan Tetap Didapatkan

Usai dijaring maka selanjutnya dilakukan pembinaan intensif selama satu pekan lamanya sebelum dilaksanakannya perlombaan, imbuh Sesulih Purwikaningsih. Dalam tempo satu setengah jam, peserta didik digembleng materi olah vokal mulai pengenalan notasi, partitur, teknik pernafasan, hingga penguasaan panggung.

Naning Suciati ketika melatih teknik penguasaan panggung. (Donny)

“Kendati nampak berat, namun peserta didik tak menemui kesulitan berarti. Sebabnya, dari keseluruhan proses penjaringan hingga perlombaan, tak terlepas dari kerjasama antar lini yang terjalin erat antar guru dan ini menjadi modal utama kami untuk senantiasa memberikan motivasi bagi peserta didik. Asalkan ada niat dan kemauan berkembang semua aral akan terlampaui,” ujar perempuan yang gemar bernyanyi ini.

Salah satu peserta didik yang meraih Juara Harapan III Menyanyi Tunggal tingkat Kabupaten Jombang Tahun 2021. (Donny)

Dibenarkan oleh Guru Kelas I, SDN Kebondalem III Bareng, Naning Suciati, S.Pd. adanya sinergi antar guru dan kepala satuan pendidikan dalam menyaring bibit prestasi, telah membuahkan hasil yang nyata. Meski demikian peran guru tidaklah mutlak dalam mengantar keberhasilan peserta didik, mesti ditambah pula dukungan dari wali peserta didik.

Sesulih Purwikaningsih mengajari peserta didiknya mengenal notasi nada. (Donny)

Naning Suciati mengatakan, “Oleh karenanya, juga mesti ada kerjasama dengan wali peserta didik yang memotorinya, agar peserta didik juga mendapat dukungan penuh dari keluarga. Jika sudah demikian, ketika peserta didik mengalami perubahan mood sewaktu berlatih jelang kompetisi, maka kami tinggal membangkitkan motivasi dan semangatnya.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

SDN Kebondalem III Bareng


Tahun Berdiri : 1982

Jumlah Guru : 12

Jumlah Peserta Didik : 134

Prestasi :

a. Juara I Menyanyi Tunggal Tingkat Kecamatan Bareng FLS2N Tahun 2021

b. Juara I Menyanyi Tunggal Tingkat Kabupaten Jombang FLS2N Tahun 2021

c. Juara I Menyanyi Keroncong Tingkat Kecamatan Bareng, Bulan Bahasa dan Seni Siswa Tahun 2022

Lebih baru Lebih lama