Peserta jalan sehat dengan kreasi kostum dan topi yang menarik. (Rabithah)


BANDAR KEDUNGMULYO – Momentum Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi hari yang sangat ditunggu oleh segenap satuan pendidikan jenjang KB dan TK se Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Lantaran berkesempatan dengan hari tersebut, tepatnya pada hari Senin (29/8) mengadakan acara bertajuk Jalan Sehat Ceria Kreasi 1000 Anak PAUD.

Rute jalan sehat tidak terlalu jauh hanya berkisar dua kilometer. Menariknya para peserta mengenakan pakaian olahraga atau kostum dengan tema khusus, seperti adat Jawa dan Papua.

Koordonator Wilayah Kerja Pendidikan (Korwilker) Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Arifin, S.Pd. mengatakan bahwa sebenarnya konsep acara tidak diadakan secara serentak. Melainkan organisasi baik Ikatan Guru Taman Kanak-kanak PGRI Kecamatan Bandar Kedungmulyo maupun Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Bandar Kedungmulyo, masing-masing memiliki acara jalan sehat tersendiri. Untuk itu guna menghemat anggaran dan membuat lebih meriah maka dilaksanakan secara bersamaan.

Baca Juga: PAUD Mutiara Hati Mojowarno Menumbuh Kreativitas dan Kemandirian Melalui P5

Arifin mengatakan, “Sehingga pada (1/8) mengadakan rapat pertama dengan Pegawai Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Acara yang digelar meriah tersebut bertempat di Banjarsari Agro Community (BAC). Hal ini disebabkan bahwa kawasan BAC dinilai memenuhi standar kelaikan, lantaran terdapat lapangan yang luas dengan beraneka macam permainan edukasi pendukung serta taman yang indah dan nyaman. Setelah anak didik selesai melangsungkan jalan sehat maka bisa mencoba seluruh permainan yang ada di BAC hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 7.000.”

Kedepannya berharap akan lebih meriah lagi dengan kian bertambah satuan pendidikan yang turut serta bergabung, imbuh Arifin. Lebih dari itu juga harus ada penilaian atau beberapa kriteria pemenang seperti satuan pendidikan dengan peserta terbanyak, peserta kostum terkreatif, serta peserta dengan jargon paling kompak.

Jajaran panitia dan tamu undangan saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya. (Rabithah)

Ketua IGTKI-PGRI Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Tin Trisnawati, S.Psi. menyampaikan, seluruh panitia berjumlah 19 orang yang meliputi pengurus Forum Kelompok Kerja Kepala TK (FKKKTK), IGTKI-PGRI, serta Himpaudi. Panitia telah mempersiapkan acara dengan detail memenuhi setiap kebutuhannya selama sekitar tiga minggu.

Jajaran pegawai Wilkerdik Kecamatan Bandar Kedungmulyo bersama panitia. (Rabithah)

Tin Trisnawati mengutarakan, “Satuan pendidikan yang turut bergabung dari jenjang KB berjumlah 18 dengan jumlah peserta 341 anak didik dan TK berjumlah 21 dengan 800 anak didik. Sehingga total anak didik yang bergabung adalah 1.000 lebih. Selaian itu terdapat wali anak didik yang juga turut bergabung pada barisan.”

Salah satu peserta dengan kreasi kostum terbaik. (Rabithah)

Sementara itu, Ketua FKKKTK Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Siti Khalimah, S.IP., S.Pd.AUD. menyampaikan rute jalan sehat tidak terlalu jauh hanya berkisar dua kilometer. Menariknya para peserta mengenakan pakaian olahraga atau kostum dengan tema khusus, seperti adat Jawa dan Papua. Ada pula pakaian ala negara India serta beraneka ragam hiasan kepala yang terispirasi dari hewan dan tumbuhan. Kreasi kostum tersebut dirangkai sedemikian rupa dari barang bekas, seperti plastik, kardus, botol, dan dedaunan.

Korwilkerdik Kecamatan Bandar Kedungmulyo saat memberangkatkan peserta. (Rabithah)

Siti Khalimah memungkasi bahwa setelah para peserta sampai kembali di BAC, maka setiap satuan pendidikan akan langsung mendapatkan piala tanda keikutsertaan dalam acara ini. Tak lupa seluruh panitia juga berterimakasih kepada seluruh jajaran pegawai Kecamatan dan Korwilker Kecamatan Bandar Kedungmulyo yang telah menyempatan hadir.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama