Pemberian hadiah oleh Bupati Jombang. (ist)


PLOSO – Sudah merupakan rahasia umum bahwa Kecamatan Ploso jadi salah satu kecamatan yang banyak melahirkan atlet bola voli handal, sebut saja saat perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2022 hampir sebagian besar atlet berasal dari Kecamatan di Utara Sungai Brantas ini. Hal tersebut tak lepas dari keberadaan beberapa klub bola voli yang mampu menjadi wadah dalam membina bibit berprestasi.

Prestasi olahraga yang berasal dari negara Amerika Serikat ini juga dirasakan oleh SMA Negeri Ploso setelah berhasil memboyong dua kemenangan sekaligus yaitu Juara I Putra dan Putri Kejuaraan Bupati Cup 2022 Bola Voli Antar Pelajar SMA, SMK, MA Se Kabupaten Jombang. Laga yang digelar di Gelanggang Olah Raga Merdeka Jombang pada Sabtu s.d Rabu (27-31/8) tersebut menjadi kenangan manis bagi segenap civitas akademika SMA Negeri Ploso setelah pada babak final berhasil menumbangkan SMK Negeri 3 Jombang untuk tim putra dan SMA Negeri Mojoagung bagi tim putri.

Menjaga pola tidur dan asupan gizi para atlet juga senantiasa dipantau, seperti memperbanyak protein, menghindari es dan karbohidrat yang melebihi kebutuhan setiap tubuh.

Kepala SMA Negeri Ploso, Drs. Nur Hidayat, M.M.Pd. menyampaikan sangat mengapresiasi torehan prestasi yang berhasil diperjuangkan peserta didiknya. Namun juga tak lupa senantiasa terus berlatih dan tak berpuas diri. Tim pelatih juga terbilang sangat membanggakan serta berharap terus melahirkan bibit-bibit atlet yang mampu melanjutkan kemenangan ini di tahun berikutnya atau di ajang serupa lainnya.

Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, SMA Negeri Ploso sekaligus pelatih tim bola voli, Alfian Burhanuddin, S.Pd. mengungkapkan kemenangan ini tak lepas dari campur tangan pelatih klub bola voli yang diikuti peserta didik, salah satunya adalah Pelatih Klub Tiger Ploso Jombang, Bangun Sukoco, S.Pd. Rata-rata para atlet terlebih dulu terjun di klub sejak di bangku SD atau SMP. Sehingga tak perlu latihan dari nol untuk membentuk sebuah tim yang solid. Latihan menuju pertandingan hanya dilangsungkan satu minggu saja. Namun yang masih banyak catatan perbaikan fisik dan teknik adalah untuk tim putri.

Baca Juga: Pembinaan Kepala Satuan Pendidikan Guna Meruncingkan Karakter Peserta Didik

Alfian Burhanuddin menerangkan, “Kendati demikian, di satuan pendidikan pun juga terdapat latihan dalam kegiatan ekstrakurikuler bola voli yang terselenggara dua kali dalam satu minggu. Satu kali sesi latihan berdurasi sekitar dua hingga tiga jam. Tim bola voli SMA Negeri Ploso beranggotakan 12 tim putra dan 12 tim putri.”

Ketika disinggung perihal rahasia dibalik kemenangan tersebut, dengan penuh senyuman Alfian Burhanuddin membeberkan bahwa kekompakan tim menjadi kunci kemenangan. Terkait teknik, strategi menyerang dan bertahan yang digunakan telah disepakati antar tim pelatih dan atlet. Tak kalah pentingnya juga membaca peta kekuatan lawan yang akan dihadapi.

Tim bola voli putri SMA Negeri Ploso. (ist)

Lebih dari itu, menjaga pola tidur dan asupan gizi para atlet juga senantiasa dipantau, seperti memperbanyak protein, menghindari es dan karbohidrat yang melebihi kebutuhan setiap tubuh, terang Alfian Burhanuddin. Terakhir yaitu memenuhi atribut, dari seragam tim hingga kenyamanan sepatu yang dikenakan juga tak luput dari perhatikan.

Kapten Tim Bola Voli Putra yang merupakan peserta didik kelas XII IPA 1, SMA Negeri Ploso, Iqbal Dwi Darwansyah mengakui sempat tak menyangka akan menjuarai ajang tersebut. Namun berkat kekompakan tim, dukungan dari pelatih hingga seluruh guru dan teman-teman menjadikannya yakin bahwa pasti bisa.

Tim bola voli putra SMA Negeri Ploso. (ist)

Peserta didik yang juga tergabung dalam perwakilan Kabupaten Jombang di kejuaraan Bola Voli Porprov Jatim 2022 ini menandaskan bahwa, “Terlebih saat para guru mengakomodir teman-teman untuk menjadi pendukung di lapangan, hal tersebut sangat menambah rasa kepercayaan diri para anggota tim. Tak lupa juga senantiasa mengingatkan agar tak memiliki beban apalagi emosi ketika berlaga.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama