Kesiapan peserta sebelum Lomba Mewarna dimulai. (ist)


DIWEK – Suatu kompetisi di dunia pendidikan memang tak terbatas pada ruang lingkup perlombaan yang mampu mendongkrak serta memunculkan bibit prestasi pada peserta didik. Lebih meluas lagi, satuan pendidikan hari ini pun, secara implisit juga turut menjadi kompetitor yang bersaing untuk unjuk program unggulan maupun kegiatannya kepada masyarakat.

Meski seluruh peserta mendapat pola gambar yang sama untuk diwarna, namun justru disinilah akan terlihat kemampuan anak didik dalam mengeksplorasi kemampuannya di bidang seni visual.

Oleh karenanya, sebagai salah satu kompetitor tersebut, SDN Keras II Diwek tak henti berupaya mensyiarkan gaung program dan keunggulannya di bidang seni dan keagamaan guna mendapat kepercayaan terbaik di masyarakat sekitarnya. Dalam usahanya ini, pada Jumat (23/12) lalu, SDN Keras II Diwek menghelat Lomba Mewarna yang diperuntukkan bagi jenjang PAUD.

Baca Juga: Emiyati Pendekatan Colla-Coop Mujarab

Bertempat di beranda SDN Keras II Diwek, lomba mewarna bertema Aku dan Keluargaku yang diikuti oleh 70 anak didik dari beberapa PAUD sekitaran Kecamatan Diwek dan Gudo, turut pula dibarengi dengan agenda unjuk karya yang menampilkan aneka produk serta kreativitas peserta didik mulai dari kelas I-VI. Guru Kelas IV SDN Keras II Diwek, Wahyuning Sutarti, S.Pd. menjabarkan, konsep lomba mewarna sendiri memberikan keleluasaan anak didik untuk menumpahkan segala imajinasinya melalui goresan warna pada gambar yang menunjukkan satu keluarga berada di depan sebuah masjid besar.

Sambutan oleh Kepala Korwilker Diwek. (ist)

“Meski seluruh peserta mendapat pola gambar yang sama untuk diwarna, namun justru disinilah akan terlihat kemampuan anak didik dalam mengeksplorasi kemampuannya di bidang seni visual. Dalam tempo pewarnaan selama dua jam, anak didik juga kita bawa ke suasana riang dengan pelbagai penampilan tari yang menjadi kegiatan unggulan pembinaan bakat minat di SDN Keras II Diwek. Sehingga setali tiga uang dengan lomba mewarna yang terlaksana, seluruh anak dan wali anak didik, beserta para kepala dan guru PAUD dapat mengetahui strategi penempaan dan pengarahan segala kompetensi yang dimiliki buah hatinya kelak, jika bersekolah di SDN Keras II Diwek,” ujar Wahyuning Sutarti.

Pemberian piala dan sertifikat kepada para pemenang yang diwakili oleh kepala dan guru KB, TK dan RA. (ist)

Sementara itu, Kepala SDN Keras II Diwek, Roiyah, S.Pd. mengakui bahwasannya seluruh dasar kegiatan yang terselenggara tersebut, memang didasari atas ikhtiar guna mendukung peningkatan jumlah penerimaan peserta didik baru kedepannya. Sehingga, dalam hal ini lomba mewarna dipilih sebagai sarana yang paling efektif untuk menggaet seraya mengapresiasi keikutsertaan anak didik beserta para kepala dan guru PAUD di sekitar SDN Keras II Diwek.

Jeda lomba yang diisi oleh penampilan tari peserta didik SDN Keras II Diwek. (ist)

Roiyah menegaskan, “Ini menjadi cerminan bahwa seorang pendidik mesti mampu menjalin dan membangun harmonisasi dan kepekaan terhadap pendidikan di lingkungannya. Tujuannya tak lain, agar seluruh elemen masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi, khususnya di jenjang SD. Tatkala kepercayaan ini sudah tumbuh dan menubuh, maka untuk mengembangkan kuantitas serta kualitas satuan pendidikan, khususnya di SDN Keras II Diwek ini, bukan lagi menjadi persoalan yang muskil.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama