Kompetisi Catur yang diikuti oleh peserta didik putra-putri. (ist)

JOMBANG – Sebagai bagian dari entitas pendidikan di Kota Seribu Pesantren ini, satuan pendidikan swasta jenjang SMP terus memacu pencapaiannya, terutama dari segi prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Oleh karenanya, guna melejitkan upaya tersebut, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta se Kabupaten Jombang, menggelar helatan kompetisi di Bidang Olahraga, bertajuk MKKS CUP 2022.

Memperlombakan empat bidang Olahraga, mulai dari Tenis Meja, Bola Voli, Catur, dan Bulutangkis Tunggal, MKKS CUP 2022 dilaksanakan denga dua tahap. Tahap pertama, yakni babak penyisihan yang mempertemukan antar satuan pendidikan digelar di satuan pendidikan maupun Gelanggang Olahraga di tiap Koordinator Wilayah (Korwil) MKKS SMP Swasta mulai (5-19/11). Sedangkan untuk final, dilaksanakan pada (21-22/11) dan bertempat di SMP Darul Ulum 1 Peterongan.

Selain di lingkup internal tiap-tiap satuan pendidikan, kedepannya ajang kompetisi Olahraga semacam ini sudah kami rancang untuk melibatkan organisasi Cabang Olahraga yang ada di Kabupaten Jombang.

Ketua Pelaksana MKKS CUP 2022, Juni Muslimin, S.Ag. menjelaskan, keempat cabang olahraga yang dilombakan tersebut memang mengacu pada keterserdiaan sarana prasarana pada tiap satuan pendidikan. Sehingga, seluruh peserta lomba dari perwakilan masing-masing satuan pendidikan memiliki bekal dan kesempatan yang sama dalam meraih jawara.

Baca Juga: SMP Darul Ulum 1 Peterongan Kembali Raih Best Maker Belt and Road Teenager Maker Camp & Teacher 2022

“Senapas dengan dasar pelaksanaan yang mempertimbangkan pemerataan keikutsertaan seluruh SMP Swasta se Kabupaten, MKKS Cup 2022 yang perdana dihelat ini juga merupakan wadah alternatif yang cukup potensial melahirkan atlet dari SMP Swasta di Kabupaten Jombang. Lantaran dari para jawara yang terpilih, sudah terseleksi secara ketat mulai babak penyisihan hingga final. Sedari penyisihan yang diambil juara 1 dari tiap Korwil, lalu dipertandingkan di babak finas yang lantas diambil juara I-III,” ujar Juni Muslimin.

Lomba Tenis Meja. (ist)

Menambahkan penjelasan Juni Muslimin, Pembina MKKS Cup 2022, Mindar, S.Pd. mengungkapkan bahwasannya, selain prestasi yang di dapat, sebagai tindak lanjut kedepannya seluruh satuan pendidikan juga telah menyepakati untuk melakukan pembinaan Olahraga secara instensif sesuai bakat minat peserta didik. Lantaran, dari prestasi yang ditorehkan, selain mampu membawa nama baik satuan pendidikan, sekaligus juga dapat menjadi bekal peserta didik tatkala mengarungi jenjang pendidikan selanjutnya.

Persiapan yang dilakukan oleh salah satu Tim Bola Voli Putri. (ist)

“Selain di lingkup internal tiap-tiap satuan pendidikan, kedepannya ajang kompetisi Olahraga semacam ini sudah kami rancang untuk melibatkan organisasi Cabang Olahraga yang ada di Kabupaten Jombang. Hal ini juga disambut positif oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Jombang yang telah kami berikan peran sebagai juri Catur di MKKS Cup 2022 ini. Sebab, dari Percasi juga membutuhkan regenerasi atlet, tak ayal dari kesamaan visi misi inilah, pada gelaran MKKS Cup selanjutnya akan kita tambah bidang perlombaan dengan keterlibatan stakeholdres yang lebih luas,” tandas Mindar.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Jawara MKKS Cup 2022

Bola Voli Putra

Juara

Satuan Pendidikan

I

SMP IHSANIAT NGORO

II

SMP A WAHID HASYIM TEBUIRENG

III

SMP DARUL ULUM 1 PETERONGAN

Bola Voli Putri

Juara

Satuan Pendidikan

I

SMP DARUL ULUM 1 PETERONGAN

II

SMP KHOIRIYAH SUMOBITO

III

SMP MUHAMMADIYAH 1 JOMBANG

Catur Putra

Juara

Satuan Pendidikan

I

SMP NUR MUHAMMAD

II

SMPK PETRA JOMBANG

III

SMP TERSAINS NGORO

Catur Putri

Juara

Satuan Pendidikan

I

SMP IBNU SINA JOMBANG

II

SMP TARBIYATUN NASYIIN

III

SMP PGRI SUMOBITO

Bulu Tangkis Putra

Juara

Satuan Pendidikan

I

SMP DARUL ULUM 1 PETERONGAN

II

SMP TERSAINS TEBUIRENG

III

SMP A WAHID HASYIM TEBUIRENG

Bulu Tangkis Putri

Juara

Satuan Pendidikan

I

SMP A WAHID HASYIM TEBUIRENG

II

SMP PANCASILA

III

SMP CAKRA KUSUMA

Tenis Meja Putra

Juara

Satuan Pendidikan

I

SMP A WAHID HASYIM TEBUIRENG

II

SMP BUDI UTOMO PERAK

III

SMP DARUL ULUM 1 PETERONGAN

Tenis Meja Putri

Juara

Satuan Pendidikan

I

SMP DARUL ULUM 1 PETERONGAN

II

SMP TERSAINS TEBUIRENG

III

SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL


Lebih baru Lebih lama