Prosesi upacara pembukaan. (ist)


JOGOROTO – SDN Jarak I dan TK Tunas Mawar Kecamatan Jogoroto mengadakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa) yang diikuti kelas I s.d. VI pada akhir semester I tahun pelajaran 2022/2023.Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 23 Desember 2022.

Selain karya-karya di atas juga ditambahkan makanan dari paguyuban wali peserta didik untuk memeriahkan gelar karya dan bazar berupa makan-makan sehat.

“Giat ini bertujuan agar memberikan semangat pada peserta didik dalam melaksanakan kegiatan projek dan berkarya. Selain itu dengan adanya Perjusa dapat menumbuhkan rasa cinta akan Pramuka,” kata Kepala SDN Jarak I Jogoroto, Luluk Zuliatin.

Baca Juga: Sambung Rasa dengan Karya Satuan Pendidikan

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 s.d. 09.00 WIB dengan pembukaan dalam betuk upacara penggalang. Acara dihadiri oleh Koordinator Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Ibu Susiatin, M.Pd yang menyampaikan pada Pembukaan Perjusa dan Gelar Karya, “Bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat melatih anak-anak dalam bergotong rotong, disiplin, mandiri dan percaya diri, sesuai dengan ajaran yang tercantum pada Dasa Dharma Pramuka”.

Luluk Zuliatin, M.Pd. (ist)

Acara selanjutnya pada pukul 09.00 s.d. 11.00 gelar karya dan bazar. Pada kegiatan ini ada sebagian yang memajang hasil karyanya dan juga ada yang dijual. Tema P5 yang diterapkan adalah Kewirausahaan adapun proyek masing-masing kelas adalah jajanan olahan dari sayur diantaranya Jasuke, getuk, pada kelas I. Pada kelas II membuat gelang dari manik-manik. Kelas III menghasilkan hiasan dinding dari cotton bud dan es cream.

Pameran produk pada agenda gelar karya P5. (ist)

Sedangkan kelas IV menjual jajanan rujak, es buah, salad buah dari masing-masing kelompok. Pada kelas V membuat bunga dari bahan plastik bekas. Terakhir kelas VI membuat batik sibori berupa taplak dan kaos. Selain karya-karya di atas juga ditambahkan makanan dari paguyuban wali peserta didik untuk memeriahkan gelar karya dan bazar berupa makan-makan sehat berupa pentol pedas, tumpeng mini, pisang cokelat, pizza mini, tahu bulat sosis, ori giri ayam dan masih banyak lagi dengan harga yang terjangkau mulai harga Rp 1.000 s.d. 3.000.

Seluruh peserta didik yang penuh semangat. (ist)

Sementara itu dari TK Tunas Mawar Jogoroto yang dipimpin oleh ibu Ami Hidayati menghasilkan karya kolase dari daun dan ampas kelapa dan juga yang dibazarkan berupa; sate marsmellow, jelli stik, salad jelli, agar-agar, roti bolu. Bersyukurnya hasil karya yang diperjual belikan mendapat tanggapan yang baik dan peserta didik sangat antusias yang juga dibantu paguyuban.

Kepala satuan pendidikan dan jajaran tamu undangan yang hadir. (ist)

Kegiatan bazar dan gelar karya tidak sampai 1 jam dari 2 jam yang kita jadwalkan semua makan habis dan banyak yang masih menginginkan beli tetapi tidak kebagian. Bahkan sebagian wali siswa mengusulkan untuk diadakan setiap bulan. Setelah gelar karya peserta didik kelas I s.d. III pulang dan Lanjut kegiatan Perjusa sesuai jadwal dan acara yang ditentukan untuk kelas IV, V, VI.

Penulis: Kepala SDN Jarak I Jogoroto, Luluk Zuliatin, M.Pd.

Lebih baru Lebih lama