Peserta didik menarikan tari tradisional Jombang yaitu Sandur Manduro. (ist)


MEGALUH – Beberapa bulan terakhir jagad satuan pendidikan di Kota Santri banyak yang telah berhasil menyelenggarakan acara bertajuk gelar karya ataupun panen karya. Hal tersebut dilakukan lantaran sebagai wujud bahwa satuan pendidikan tersebut telah melaksanakan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Salah satunya yaitu di SMP Negeri 2 Megaluh pada (6 s.d 7/1) bertempat di lapangan basket satuan pendidikan.

Acara Panen Karya ini sengaja digelar bersamaan dengan acara pembagian rapor. Hal ini dilakukan selain melatih tingkat kepercayaan diri peserta didik untuk tampil di depan publik.

Kepala SMP Negeri 2 Megaluh, Sugeng Wibowo, M.Pd. menyampaikan bahwa di satuan pendidikan binaannya, pelaksanaan P5 dibawah komando Bidang Kurikulum. Selanjutnya Bidang Kurikulum tersebut membentuk tim projek yang berjumlah 13 guru pengajar kelas VII yang terdiri dari enam kelas dengan total 192 peserta didik.

Baca Juga: Pentingnya Supervisi Mutu Bagi Satuan Pendidikan

Sugeng Wibowo mengatakan, “Pembentukan tim khusus P5 ini sangat memudahkan pelaksanaan Panen Karya dari pemantapan modul, penyusunan konsep acara, persiapan sarana prasarana yang dibutuhkan hingga membersamai peserta didik untuk latihan. Kesemuanya dilakukan secara mandiri oleh tim tersebut tanpa campur tangan pihak pelatih dari luar satuan pendidikan.”

Selain tarian tradisional, peserta didik juga menarikan tari kreasi modern. (ist)

Koordinator Projek Kebinekaan Global, yang juga sebagai Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Megaluh, Dra. Sutatik menjabarkan bahwa pelaksanaan program panen karya ini sudah dipersiapkan selama tiga bulan. Acara ini merupakan projek ketiga lantaran sebelumnya telah menyelenggarakan dua projek yang diantaranya Gaya Hidup Berkelanjutan dengan tema Sampahku Tanggungjawabku dan Kewirausahaan dengan Tema Aku Suka Minum Jamu.

Sugeng Wibowo. (ist)

Sedangkan pada gelar karya kali ini mengambil Projek Kebhinekaan Global dengan tema Aku Cinta Tarian Tradisional Indonesia. Tarian yang dibawakan diantaranya adalah Tari Piring, Saman, Sandur Manduro, Kuda Lumping, hingga Tari Tradisional Papua. Menariknya para peserta didik membuat kostum dan aksesoris secara mandiri sehingga proses pelaksanaan P5 dapat dimaknai dan dipahami secara maksimal.

Persiapan peserta didik sesaat sebelum tampil. (ist)

Sementara itu, Tim Dokumentasi Panen Karya yang juga sebagai Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Megaluh, Drs Budianto menyampaikan bahwa acara Panen Karya ini sengaja digelar bersamaan dengan acara pembagian rapor. Hal ini dilakukan selain melatih tingkat kepercayaan diri peserta didik untuk tampil di depan publik, juga supaya seluruh keluarga besar SMP Negeri 2 Megaluh dapat menyaksikan suguhan memukau para peserta didik.


Kepala satuan pendidikan bersama tim P5. (ist)


Reporter/Foto: Rabitha Maha/Istimewa

Lebih baru Lebih lama