Para Juara Lomba Keagamaan Islam tingkat SD Negeri dan Swasta Kecamatan Wonosalam. (ist)


M. Zaenudin*

Setiap anak adalah istimewa. Setiap anak adalah juara. Mereka punya hak dan kesempatan yang sama untuk berprestasi menjadi yang terbaik. Adalah suatu keniscayaan dan sudah semestinya anak mendapatkan apresiasi yang tinggi dari lingkungannya.

Wonosalam – Pelaksanaan gebyar lomba keagamaan tingkat sekolah dasar se kecamatan. Pengembangan bakat siswa harus selalu kita pupuk sejak dini. Salah satu cara menumbuhkembangkan bakat siswa adalah dengan diadakannya kompetisi atau lomba. Seperti yang dilaksanakan di kecamatan Wonosalam baru-baru ini, yaitu Lomba Keagamaan Islam yang dilaksanakan pada Selasa, 27 September 2022. Berbeda dengan pelaksanaan lomba-lomba lain adalah tempat pelaksanaan lomba. Kami memanfaatkan tempat wisata yang ada di kecamatan Wonosalam. Hal ini yang membuat peserta didik delegasi dari SD Negeri dan Swasta di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Wilayah Kerja Kecamatan Wonosalam menjadi antusias dan semangat yang luar biasa dalam melaksanakan lomba keagamaan tersebut.

Antusias karena lomba keagamaan kali ini dilaksanakan di tempat yang istimewa. Tempat yang asri, luas, nyaman, pemandangan yang indah, dan representatif. Tempat tersebut adalah “Saieda Estate Wonosalam”. (wisata, sport center, education center, villa, cafe). Selain itu semangat yang luar biasa dari para peserta yaitu semangat para juara yang akan berusaha untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di hadapan para juri dan pengunjung di “Saieda Estate Wonosalam”.

Mengadakan kegiatan lomba di tempat wisata adalah terobosan baru yang dilakukan oleh KKG PAI, KKP Mulok Keagamaan, dan KKP Pendidikan Diniyah Kecamatan Wonosalam. tak bisa dipungkiri kegiatan ini bisa berhasil karena adanya dukungan dari berbagai pihak. Dukungan tersebut berasal dari Korwilker Kecamatan Wonosalam, K3S Wonosalam, dan dukungan dari pihak-pihak sponsor secara sukarela. Dukungan yang sukarela karena bersifat kerjasama dan tidak mengikat. Suatu kerjasama yang terjalin karena satu kesamaan visi, yaitu kegiatan lomba keagamaan sebagai syiar dan dakwah agama Islam. Syiar dan dakwah yang ditujukan bagi warga Wonosalam secara umum dan bagi pengunjung tempat wisata secara khusus. Syiar dan dakwah yang diharapkan dapat membuat masyarakat semakin tertarik untuk memperdalam pengetahuan tentang ajaran agama Islam.

Baca Juga: Bunda PAUD dan Pokja PAUD Terbentuk Saatnya Sejahterakan Kebutuhan Anak

Alhasil, kegiatan lomba keagamaan yang biasanya dilaksanakan di Sekolah-sekolah dapat dialihkan tempat pelaksanaannya di tempat-tempat yang representatif. Tempat yang dapat mendukung dalam berdakwah melalui kegiatan lomba keagamaan. Lomba keagamaan yang menarik, terbuka, dan dapat disaksikan oleh khalayak umum.

Lomba Keagamaan Islam tingkat SD Negeri dan Swasta Kecamatan Wonosalam di Saieda Estate Wonosalam. (ist)

Pada kegiatan lomba keagamaan kali ini terdapat 5 cabang lomba yaitu: Tahfidz al-Qur’an, Tartil al-Qur’an, Baca Kitab Diniyah, Pildacil, dan Banjari dengan jumlah peserta lomba mencapai sekitar 200 peserta yang berasal dari peserta didik Sekolah Dasar Negeri dan Swasta Se Kecamatan Wonosalam. Peserta didik yang mengikuti perlombaan ini adalah mereka yang berprestasi. Berprestasi karena terpilih sebagai perwakilan sekolahnya. Mereka adalah para juara yang berlomba untuk menjadi yang terbaik di tingkat kecamatan Wonosalam. Sekaligus menjadi kontingen Kecamatan Wonosalam pada lomba keagamaan di tingkat Kabupaten Jombang. Disamping peserta didik yang meraih peringkat terbaik dalam perlombaan akan mendapatkan penghargaan yang bisa memberikan dampak positif bagi lembaga atau sekolah peserta didik tersebut. Terlebih mereka meraih prestasi tersebut di tempat yang luar biasa, yaitu tempat wisata ‘’Saieda Estate’’.

Lomba Keagamaan Islam tingkat SD Negeri dan Swasta Kecamatan Wonosalam. (ist)

Alhamdulillah, dengan banyaknya dukungan, antusias dan semangat para peserta serta lokasi pelaksanaan kegiatan lomba keagamaan yang tidak biasa membuahkan hasil yang sangat istimewa. Kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses sesuai rencana serta melahirkan para juara yang membanggakan sebagai calon-calon penerus bangsa di masa depan.

*) Guru PAI SDN Wonosalam 5. Wonosalam dan Penggerak Komunitas Belajar KKG PAI Kec. Wonosalam di Platform Merdeka Mengajar
Lebih baru Lebih lama