Fitalia saat unjuk gigi memasak di Dapur TK Negeri Pembina Jombang. (Donny)


JOMBANG – Sepak terjang sebagai seorang pendidik yang sudah berpuluh tahun lamanya mengabdikan diri di lingkup Pendidikan Anak Usia Dini, telah dirasakan manis getirnya oleh Fitalia, S.Pd. Kendati demikian, Guru Kelas B I, TK Negeri Pembina Jombang ini mengakui bahwa dahulunya tidak terlintas pada benaknya untuk terjun dan mendalami bidang pendidikan, khususnya bagi Anak Usia Dini.

Fitalia berkisah, “Namun hal tersebut berubah, sewaktu salah satu saudara membutuhkan bantuan tenaga pengajar di TK yang dimilikinya. Atas dorongan kekeluargaan itulah saya mulai mengawali karier di dunia pendidikan. Selang bergulirnya waktu sembari merampungkan studi strata Diploma II, aktivitas saya pun tak jauh dari dunia bermain anak didik.”

Berkat kedekatannya tersebut, munculah persaan jatuh cintanya terhadap dunia anak. Sehingga turut memantik panggilan jiwanya untuk mencurahkan segala pikiran dan tenaganya bagi tumbuh kembang anak didiknya senyampang menggali segenap potensinya.

Melalui Loose Part banyak sekali manfaat yang dapat dituai. Diantaranya imajinasi, kreasi, kemandirian anak didik ikut terlatih dan berkembang dengan sendirinya.

“Usai membulatkan tekad serta niat mendalam guna membaktikan diri demi pendidikan anak didik yang berkualitas, dan sewaktu berpindah tugas menjadi guru di TK Negeri Pembina Jombang sejak 2010 silam dengan berbekal segala pengalaman kala membina seraya mendampingi perlombaan anak didik mulai dari Pantomim, Menggambar, sampai Bercerita. Akhirnya, saya pun lantas mengikuti aneka kompetisi yang digela bagi guru. Baik tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi,” ungkap Fitalia.

Berdasarkan semangat itulah, secara bertahap Fitalia mulai merengkuh hasil kerja kerasanya. Beberapa penghargaan pun telah diraihnya sebagai penyandang gelar juara. Meski tidak selalu menempati juara utama, namun Fitalia tak berkecil hati. Justru, dari pelbagai pengalaman itulah kemudian dijadikannya batu loncatan serta pelecut semangat untuk berkarya lebih baik lagi. Hingga akhirnya pada tahun 2022 ini, gelar Juara I Guru Prestasi TK Se Kabupaten Jombang 2022 berhasil diraihnya.

Baca Juga: TK Tunas Tujuh Belas Tembelang Cegah Stunting, Galakan Pola Hidup Sehat

Fitalia menjelaskan, “Adapun tema yang saya angkat dalam Best Practise kemarin ialah, Penggunaan Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Jombang. Pemilihan tema kepenulisan tersebut, saya pilih dan sesuaikan dengan pengalaman keseharian ketika menggunakan Loose Part sebagai medium pengembangan bermain dan belajar anak didik.”

Fitalia melanjutkan, melalui Loose Part banyak sekali manfaat yang dapat dituai. Diantaranya imajinasi, kreasi, kemandirian anak didik ikut terlatih dan berkembang dengan sendirinya.



“Selain itu pula dalam Loose Part anak didik dapat didekatkan pada konteks lingkungan sekitarnya. Walhasil bermain dan belajar akan berpusat pada kebutuhan dan keunikan masing-masing anak didik. Sehingga selain motorik kognitif yang bertumbuh, sikap sosial anak didik pun turut berkembang seiring pengembangan Loose Part,” tandas Fitalia.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

FITALIA S.PD.

Tempat Tanggal Lahir : Jombang 10 Nopember 1981
Motivator : Ibu
Pendidikan :

  1. SMK PGRI 1 Jombang 1999
  2. S1 PG-PAUD Universitas Negeri Surabaya 2012

Prestasi :

  1. Juara II Lomba Bermain dan Bernyanyi Porseni XIV IGTKI PGRI Provinsi Jawa Timur 2021
  2. Juara I Lomba APE Kreatif dan Inovatif Tingkat Kecamatan Jombang 2022
  3. Juara II Guru TK Prestasi Tingkat Kecamatan Jombang Tahun 2022
Hobi : Memasak

Lebih baru Lebih lama