Valentino Aykel Suranta Sitepu. (Rabitha)


GUDO – Membawakan lagu berjudul “Cinta Untuk Mama”, Valentino Aykel Suranta Sitepu sukses menjuarai ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Jombang pada Mei 2022. Berdasar prestasi tersebut berhak mewakili Kabupaten Jombang berkompetisi di tingkat lebih tinggi yakni Provinsi Jawa Timur.

Tak selesai disitu saja, lantunan suara merdunya menyanyikan lagu berjudul “Jombang Kondang” dan “Persahabatan” mampu menyabet Juara I Kategori Menyanyi Tunggal FLS2N Provinsi Jawa Timur pada Agustus 2022. Perjuangan pun berlanjut di tingkat Nasional yang harus ditempuhnya dengan penuh dedikasi.

Kecakapan dalam bernyanyi banyak didapat dari sosok mama. Selain ahli dalam nada, mama juga pandai dalam mengiringi bernyanyi dengan gitar. Tak terkecuali saat berlomba yang selalu diantar mama.

Peserta Didik Kelas VI SDN Blimbing Gudo ini menyampaikan bahwa telah jatuh hati dalam bidang tarik suara sejak duduk di bangku kelas II. Awalnya hanya hobi menyanyi, melihat pertunjukan musik hingga sekadar mendengarkan musik, namun setelah mencoba dan diberikan kesempatan menjajal melantunkan lagu. Membuatnya semkain tertarik dan jatuh hati.

“Gayung bersambut, lahir ditengah keluarga yang juga cinta dunia musik membuatnya kian semangat seraya memperoleh dukungan secara penuh. Hobi berlanjut dengan seringnya tampil pada kegiatan di Gereja hingga mendapat undangan pelbagai acara, seperti di desa hingga di satuan pendidikan,” terang lelaki kelahiran Kota Medan itu.

Baca Juga: Ownership Mentality Harmoniskan Kerja Sama dengan Paguyuban Wali Peserta Didik

Peserta didik yang juga menggemari mata pelajaran Matematika itu mengakui bahwa kecakapan dalam bernyanyi banyak didapat dari sosok mama. Selain ahli dalam nada, mama juga pandai dalam mengiringi bernyanyi dengan gitar. Tak terkecuali saat berlomba yang selalu diantar mama. Menariknya ketika tampil diatas panggung, mama selalu memberikan kode khusus agar lebih semangat lagi dan tak salah pada bagian-bagian tertentu.



Sebelum tampil berlomba setidaknya berlatih secara penuh selama dua minggu, imbuh peserta didik berparas manis itu. Apabila sekadar menghafal lirik lagu cukup dengan waktu 15 menit saja. Namun harus dilakukan berulang adalah ketika berlatih tinggi rendahnya nada, partitur, improvisasi, ekspresi hingga koreo. Setidaknya dalam satu hari berlatih hingga dua jam penuh. Selebihnya menjaga pola hidup sehat dan makan kencur adalah salah satu rahasianya.

Valentino Aykel Suranta Sitepu. (Rabitha)


Kepala SDN Blimbing Gudo, Tri Handayani, S,Pd. sangat bersyukur lantaran banjir dukungan dari lingkungan satuan pendidikan. Diantaranya adalah guru kelas, pelatih musik hingga seluruh teman-temannya di SDN Blimbing Gudo tercinta. Terlebih saat menjalani proses latihan guna menuju lomba tingkat provinsi dan nasional, sangat dibantu oleh tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dan para pelatih dari Istana Musik Jombang.

Valentino Aykel Suranta Sitepu bersama Tri Handayani. (Rabitha)

Kendati demikian, Tri Handayani menandaskan bahwa meski kerap izin untuk berlaga, peserta didik yang terkenal kritis dan tak bisa diam ini juga berprestasi di bidang akademik. Terbukti dengan selalu peringkat sepuluh besar dalam kelasnya. Hal ini tak lepas dari kompaknya koordinasi antara guru kelas yang siap memberikan waktu belajar tambahan, juga dengan orangtuanya yang aktif berkoordinasi guna kesuksesan buah hatinya.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

AYKEL SURANTA SITEPU


Usia : 12 Tahun

Hobi : Menyanyi, Sepak Bola dan Bulutangkis

Keahlian : Fashion show dan Pidato

Cita-cita : Penyanyi atau TNI Angkatan Laut

Penyanyi idola : Judika
Lebih baru Lebih lama