Luluk Zuliatin, M.Pd. (Rabitha)


JOGOROTO – Sedari pagi pemandangan tampak berbeda di halaman SDN Jarak I Jogoroto, tampak anggun dan rapi beberapa anak didik mengenakan pakaian adat khas dari pelbagai wilayah di Indonesia. Ternyata hari itu, Kamis (16/3) menjadi hari spesial lantaran terdapat agenda Lomba Fashion Show atau peragaan busana tingkat TK/RA se Kecamatan Jogoroto dengan tema Budaya Nusantara.

Baca Juga: Jombang Siapkan Perwakilan O2SN di Jawa Timur

Kepala SDN Jarak I Jogoroto, Luluk Zuliatin, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perdana dilakukan di satuan pendidikannya. Namun dengan persiapan yang matang dan didukung oleh pelbagai pihak, laiknya guru, tenaga kependidikan, wali peserta didik hingga civitas akademika tingkat TK/RA se Kecamatan Jogoroto acara dapat berjalan dengan lancar dan sangat meriah. Kegiatan ini berujuan untuk melatih kepercayaan dini setiap anak dan juga dapat memopulerkan nama satuan pendidikan di kancah TK/RA.

Salah satu peserta saat berpose cantik. (Rabitha)

Luluk Zuliatin mengatakan, “Lomba Fasihon Show memang belum banyak dilakukan oleh satuan pendidikan, sehingga persiapan harus dilakukan secara serius, seperti dengan mengundang setiap satuan pendidikan TK/RA secara resmi, mengadakan Technical Meeting hingga gladi resik. Tak lupa juga menghadirkan tamu undangan seperti Dharma Wanita Kecamatan, Anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Jarak, Tokoh Masyarakat, Komite, Forum Kepala Satuan Pendidikan dan Pengawas Satuan Pendidikan.”

Seluruh peserta Lomba Fashion Show. (Rabitha)

Perihal dewan juri, sengaja memilih seniman profesional di bidangnya, dengan cacatan mampu membaca kemampuan berperaga busana pada anak usia dini, imbuh Luluk Zuliatin. Meskipun terdapat beberapa anak didik yang masih terkesan grogi ketika berlenggak-lenggok di atas panggung, namun mampu menuntaskan teknis berjalan sesuai dengan petunjuk teknis. Terlebih anak didik juga mengenakan pakaian adat yang terbilang besar dan sedikit berat dengan aksesoris dan penuh riasan.

Civitas akademika SDN Jarak I Jogoroto bersama tamu undangan. (Rabitha)

Ketua Pelaksana yang juga sebagai Guru PAI SDN Jarak I Jogoroto, Abdul Hakam, S.H. menambahkan bahwa menariknya, tak hanya para anak didik yang mengenakan pakaian adat. Dari kepala satuan pendidikan, guru, tenaga kependidikan hingga peserta didik juga tak kalah heboh mengenakan pakaian adat yang diantaranya dari adat Jawa, Bali, Papua dan Kalimantan. Selain itu juga terdapat pelbagai bazar makanan dan minuman, penampilan seluruh ekstrakurikuler seperti Al-banjari, tari remo, drumband, tahfid dan berpidato.

Para pemenang lomba bersama dewan juri. (Rabitha)

Para peserta terlihat sangat antusias lantaran untuk hadiah yang diperebutkan juga tak sedikit, terang Abdul Hakam. Setidaknya terdapat 30 hadiah hiburan seperti minuman dan makanan kemasan dan doorprize sebanyak enam kipas angin. Perihal pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan sertifikat. Kendati demikian seluruh peserta juga mendapatkan hadiah berupa botol minum estetik.

Daftar Pemenang

Nama Peserta

Asal Satuan Pendidikan

Predikat

Aqila Mufia Azzanitha

TK PGRI Permata Bunda

Juara I

Muhammad Nashiruddin Jauhan

TK Insan Mulia Bendung Rejo

Juara II

Eka Putri Andini

TK Hasyim Ashari

Juara III

Al Farizi

TK Insan Mulia Bendung Rejo

Juara Harapan I

Adara Naura Letisya

TK PGRI Permata Bunda

Juara Harapan II

Hamdan Habibi Al Hanafi

Tk PGRI Permata Bunda

Juara Harapan III


Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama