Paparan materi tentang puasa. (ist)


GUDO – Pelaksanaan kegiatan pondok ramadan 1444 Hijriah pada tahun ini menjadi spesial bagi segenap civitas akademika dan peserta didik SDN Plumbon Gambang II Kecamatan Gudo. Sebab agenda yang rutin dilaksanakan saban tahun ini tak hanya dipadati materi keagamaan saja melainkan dikombinasikan dengan pelbagai tampilan kesenian.

Guru dan peserta didik sangat antusias mengikuti agenda ini. Peserta didik selain belajar khusu beribadah juga belajar perihal sejarah dan aktivitas kala bulan ramadan pada masa lampau hingga modern saat ini.

Ketua Panitia yang juga sebagai guru PAI, SDN Plumbon Gambang II Kecamatan Gudo, Fahmi Taufiq Nugroho, S.Pd. menjelaskan bahwa pelaksanaan selama tiga hari yakni dari tanggal 29 s.d 31 Maret. Acara yang telah dipersiapkan selama satu bulan itu dilakukan di dalam satuan pendidikan tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik baik dari kelas I hingga VI.

Baca Juga: Muzan Dahluil Nikmah, S.Pd. Pengalaman Bekal Menangi Kejuaraan


Fahmi Taufiq Nugroho mengatakan, “Acara pada tahun ini terbilang sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Apabila pada tahun sebelumnya acara difokuskan pada penguatan keagamaan saja, namun pada tahun ini dikonsep dengan tema jaman dahulu yaitu Hindia-Belanda. Diantaranya ada penampilan hiburan dari beberapa ekstrakurikuler, tampilan tari, menyanyi solo, paduan suara, al-banjari hingga drama musikal.”

Naimah Endang Y. W saat membuka kegiatan pondok ramadan. (ist)

Hal ini dilakukan agar peserta didik tak bosan mengikuti giat pondok ramadan, terang Fahmi Taufiq Nugroho. Kendati demikian tetap ada materi pokok pondok ramadan berdasarkan arahan dari Kementerian Agama. Seperti materi puasa, sunah puasa, zakat, dan hari raya idul fitri. Kemudian kegiatan wajib seperti salat berjamaah, tadarus serta berbuka bersama.

Penampilan al-banjari dari peserta didik. (ist)

Kepala SDN Plumbon Gambang II Kecamatan Gudo, Naimah Endang Y. W, S.Pd. mengutarakan bahwa guru dan peserta didik sangat antusias mengikuti agenda ini. Peserta didik selain belajar khusu beribadah juga belajar perihal sejarah dan aktivitas kala bulan ramadan pada masa lampau hingga modern saat ini.

Penampilan paduan suara Gita Gambang. (ist)

Naimah Endang Y. W, mengharapkan acara yang diadakan rutin saban tahun ini dapat terus berkembang dan lebih kreatif lagi di tahun depan. Selanjutnya, perihal materi dapat diilhami dengan baik, terutama bab ibadah yang berhubungan dengan puasa ramadan lengkap dengan hukum wajib dan sunahnya.

Reporter/Foto: Rabitha Maha/Istimewa


Penampilan al-banjari dan hadrah dari guru dan karyawan. (ist)



Lebih baru Lebih lama