Anak didik mengerjakan lomba montase diawali dengan menggunting dan mengaplikasikan lem. (Rabitha)


MEGALUH – Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Megaluh berkerjasama dengan Pengurus Himpunan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) menyelenggarakan Gebyar Lomba Cerita Bergambar (Cergam) dan Montase. Acara berjalan dengan semarak pada Senin dan Selasa (22-23/5) bertempat di Aula Balai Desa Megaluh.

Baca Juga: Dhenis Arlini, S.Pd.SD. Pengelolaan Aset Satuan Pendidikan, Menjadi Ide Mengantarkan Meraih Penghargaan

Ketua Panitia Acara yang juga sebagai Pendidik KB Al-Firdaus Megaluh, Isrohatin Fidiati Ningsih, S.Pd. menyampaikan bahwa anggota panitia berjumlah delapan orang yang merupakan guru dan kepala satuan pendidikan di luar kepengurusan Himpaudi Kecamatan Megaluh. Sebelumnya telah menyiapkan acara selama dua minggu sebelumnya.

Anak didik menempel gambar. (Rabitha)

Isrohatin Fidiati Ningsih mengatakan bahwa agenda ini dilakukan secara serius dan maksimal. Sebab nantinya para pemenang ini akan mewakili kecamatan megaluh pada Serangkaian Gebyar Perayaan Hari Anak Nasional yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang pada tanggal 25 dan 26 Mei mendatang.

Jajaran guru pemenang lomba cerita bergambar. (Rabitha)

Ketua Himpaudi Kecamatan Megaluh, Ika Rifa Wardani, S.Pd. menyampaikan bahwa peserta lomba Cergam merupakan satu perwakilan guru di setiap satuan pendidikan, sehingga tercatat sebanyak 20 peserta. Nantinya akan diumumkan juara I, II, dan III, namun hanya juara satu yang akan mewakili ke ajang tingkat kabupaten.

Seluruh jajaran peserta lomba, pengurus Himpaudi dan Penilik Kecamatan Megaluh. (Rabitha)

“Selanjutnya untuk lomba montase, diikuti oleh masing-masing satuan pendidikan mengirimkan dua perwakilan sehingga totalnya ada 40 anak didik. Selain diumumkan juara I, II, dan III juga terdapat juara Harapan I dan II. Perayaan lomba montase terbilang sangat meriah lantaran tidak ada tema khusus sehingga anak didik bebas menuangkan idenya. Setelah berhasil menggunting dan menempel, juga diharuskan membuat rekaman video cerita dari gambar yang dibuatnya, terang Ika Rifa Wardani.

Proses pengumpulan dan penjurian karya montase. (Rabitha)

Sementara itu, Penilik Kecamatan Megaluh yang juga sebagai juri, Ninik Nur Oktaviani, S.Pd. menyampaikan apresiasinya pada panitia dan pengurus Himpaudi yang mampu menyelenggarakan acara dengan sangat meriah. Perihal penilaian difokuskan pada kreatifitas, komposisi dan harmonisasi. Harapannya para pemenang ini akan terus berlatih sehingga mampu tampil maksimal saat final di kabupaten.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Daftar Pemenang Gebyar Lomba Cergam dan Montase

Nama

Predikat

Satuan Pendidikan

Winda Karuniawati, S.Pd

Juara I Cergam

Kb Tarbiyatul Aulad

Zuliati Ningsih

Juara II Cergam

KB Nusantara

Isrohatin Fidiati Ningsih, S.Pd

Juara III Cergam

Kb Al-Firdaus

Ahmad Naufal Ardan

Juara I Montase

Kb Dewi Sartika

Afra Alyabillah Wijaya

Juara II Montase

Kb Dewi Sartika

Muhammad Nazal Rohmatulloh Zain

Juara III Montase

Kb Al-Firdaus

Risky Azril Ramadhani

Juara Harapan I Montase

Kb Tarbiyatul Aulad

Farzana Khanaya Maharani

Juara Harapan II Montase

Kb Mawar



Lebih baru Lebih lama