Hadi Suprayitno saat memberikan penjelasan. (Rabitha)


JOMBANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Aplikasi Data Pokok Kependidikan (Dapodik) Versi 2024. Acara berlangsung lancar pada 2 s.d 4 Agustus bertempat di Aula II Disdikbud Kabupaten Jombang.

Aplikasi Dapodik versi 2024 dirilis dalam bentuk Installer dan Patch, untuk yang menginstall melalui Installer maka satuan pendidikan harus melakukan uninstall aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu.

Dijelaskan oleh Narasumber yang juga menjabat sebagai Pengolah Data Kelembagaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Hady Suprayitno bahwa Bimtek rilis aplikasi baru ini berdasarkan Surat Edaran Nomor: 6032/C/HK.04.01/2023 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. Sasaran peserta yakni operator satuan pendidikan jenjang PAUD, SD dan SMP.

Baca Juga: Himpaudi Kabupaten Jombang Berantas Stunting Itu Penting

Hady Suprayitno mengatakan apabila perubahan dan pembaruan ini merupakan upaya untuk menyelaraskan prosedur dan mekanisme pendataan Dapodik. Berdasarkan Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan (BOS), disampaikan bahwa Satuan Pendidikan harus mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil di satuan pendidikan dan mulai dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2023/2024.



“Satuan Pendidikan diharapkan memprioritaskan pendataan peserta didik semester I tahun pelajaran 2023/2024. Selanjutnya yang berstatus “Naik Kelas” terlebih dahulu kemudian peserta didik baru, serta tak ketinggalan melakukan isian partisipasi BOS,” imbau pria berkacamata itu.


Peserta yang hadir merupakan operator dari jenjang PAUD, SD, dan SMP. (Rabitha)

Aplikasi Dapodik versi 2024 dirilis dalam bentuk Installer dan Patch, untuk yang menginstall melalui Installer maka satuan pendidikan harus melakukan uninstall aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu, terang Hady Suprayitno. Operator dapat mengunduh file installer aplikasi Dapodik versi 2024 pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan kemudian melaksanakan registrasi dan pembaruan data.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama