Ilustrasi teh jahe. (Ist)


NASIONAL - Saat cuaca panas ekstrem kita perlu upaya ekstra untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Anda bisa mengonsumsi minuman berikut ini untuk meningkatkan imun tubuh di kala cuaca panas dan musim kemarau.

Baca Juga: IGTKI-PGRI Kecamatan Bandar Kedungmulyo Komitmen Gelar Edukasi Manasik Haji

Banyak cara untuk bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain dengan makanan bergizi seimbang, beberapa minuman juga disebut bisa menjaga sistem imunitas tubuh agar berfungsi tidak mudah sakit.

Mengutip Eating Well, minuman yang kaya nutrisi seperti protein, vitamin A, C, dan E, serta zinc dibutuhkan untuk membuat sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Melansir berbagai sumber, berikut ini minuman yang bisa meningkatkan imun tubuh.



Teh Kunyit
Mengutip HealthifyMe, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang dapat memodulasi sistem kekebalan tubuh. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki kunyit juga dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit.

Teh Rempah
Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan tambahan cuka apel bersifat anti-inflamasi serta anti-bakteri. Misalnya kunyit dan jahe, keduanya kaya akan antioksidan, antiseptik, sebagai penyembuh alami sekaligus meningkatkan sel darah putih yang berfungsi bagi sistem imun. Sementara cuka apel efektif menekan pertumbuhan patogen jahat serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

Jus Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, asam folat, dan jenis antioksidan lain yang dapat mencegah peradangan dan membantu tubuh melawan infeksi.

Susu Kunyit
Bahan aktif kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh untuk melawan radikal bebas. Rempah-rempah dan saus kacang yang mengandung lemak sehat bersifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh.

Smoothie
Smoothie buah juga dapat menjadi alternatif lain minuman yang meningkatkan imun tubuh apabila Anda kurang suka jus dan minuman racikan. Supaya lebih kaya nutrisi, tidak ada salahnya menambahkan probiotik sebagai penghalang patogen jahat ke dalam tubuh yang berasal dari plain yoghurt, greek yoghurt, dan susu skim. Untuk bahan dasar membuat smoothie bisa memakai buah stroberi, blueberry, kiwi, pisang, buah bit, atau ditambah sayuran hijau.

Itulah 5 minuman untuk meningkatkan imun tubuh agar tak gampang sakit saat cuaca ekstrem. Semoga membantu.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama