Ilustrasi makan cokelat. (Ist)


NASIONAL - Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan cokelat. Apa saja? Cokelat punya banyak penggemar. Pangan satu ini bisa dinikmati sebagai camilan, topping atau campuran minuman, dan campuran kue atau cake.

Baca Juga: MGBK Kabupaten Jombang Ciptakan Ice Breaking hingga Teguhkan Peran dalam P5

Tak hanya punya rasa manis, jenis dark chocolate mampu memberikan rasa pahit yang nikmat. Barangkali, cokelat aman dikonsumsi bersama apa pun. Padahal, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi bersama dengan cokelat. Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan cokelat.

Susu
Menghimpun informasi dari berbagai sumber, sebaiknya cokelat tidak dikonsumsi bersama dengan susu. Kenapa? Susu kaya akan kandungan protein dan kalsium. Sementara itu, cokelat banyak mengandung asam oksalat. Bukan ide baik mempertemukan kalsium susu dan asam oksalat cokelat sebab bisa membentuk kalsium oksalat. Kalsium oksalat tidak mudah larut dalam proses pencernaan dan bisa memicu diare.



Makanan yang Mengandung Vitamin C
Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan cokelat selanjutnya adalah makanan yang mengandung vitamin C. Penyerapan vitamin C bisa terganggu jika dikonsumsi bersamaan dengan kafein dan nikotin.

Nikotin umumnya terdapat pada produk tembakau termasuk rokok. Sementara itu, kafein terdapat pada kopi, cokelat, teh, dan minuman berenergi. Jika cokelat dan vitamin C dipertemukan, tidak ada efek bahaya. Namun penyerapan vitamin C oleh tubuh tidak optimal.

Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung kafein salah satunya cokelat. Meski kadar kafein pada cokelat tidak setinggi kopi, sebaiknya beri jarak beberapa jam antara konsumsi obat dan cokelat.

Kafein punya efek stimulan dan bisa bertabrakan dengan obat yang juga punya efek stimulan misal, pseudoefedrin, dan teofilin. Anda bisa susah tidur, gelisah, detak jantung cepat atau denyut nadi tidak beraturan.

Itulah makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan cokelat. Sebaiknya beri jeda jika ingin makan cokelat setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama