Salah satu peserta didik saat unjuk kebolehannya menjadi pendakwah cilik. (ist)


WONOSALAM – Bulan Ramadan yang tiba sebentar lagi, menjadi momentum spesial bagi pendidik keagamaan di Kecamatan Wonosalam. Mengapa ? karena dari Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI), Diniyah, serta Mulok Keagamaan, telah berkolaborasi untuk menyiapkan program bertajuk Kultum Ramadan Bocah Cilik (Kurcaci).

Baca Juga: SMP Islam Mbah Bolong Diwek Sukses Selenggarakan Festival Al-Banjari SD/MI Se Jawa Timur

Kurcaci merupakan kegiatan yang menampilkan kebolehan 30 peserta didik dari perwakilan tiap SD di Kecamatan Wonosalam dalam menyampaikan kultum seputar Ramadan. Penyampaian ini juga dilakukan dengan memanfaatkan media audio visual. Baik saat melakukan perekaman maupun penyampaian hasil kultum lewat kanal YouTube KKG PAI Wonosalam.



“Tak hanya itu, dalam proses pengambilan video kultum Ramadan, kami juga memilih beberapa objek wisata di Kecamatan Wonosalam sebagai latar tempatnya. Selain menunjukkan kompetensi peserta didik di bidang keagamaan, Kurcaci ini juga mencoba membantu promosi potensi pariwisata lokal,” kata Ketua KKG PAI Kecamatan Wonosalam, Zaenudin, S.Pd.


Proses pengambilan video. (ist)

Selebihnya, pemanfaatan konten Kurcaci juga akan membantu literasi peserta didik. Dengan buku Kurcaci yang dicetak saat Ramadan kedepan, materi yang ada juga ditambah selain dari bentuk video.

Poster Kurcaci. (Ist)

Penasaran hasilnya ? simak langsung di YouTube KKG PAI Wonosalam selama Bulan Ramadan besok ya ! sampai jumpa. Salam literasi.

Penulis : M. Adlan Fahmi, S.Pd.I (Kepala SDN Wonosalam V)

Lebih baru Lebih lama