JOMBANG – Perayaan Hari Lahir (Harlah) ke-27 MAN 8 Jombang pada (19-22/2) berlangsung cukup meriah. Didukung dengan pelbagai rangkaian acara mulai dari Olimpiade MIPA, IPS, PAI, Turnamen Bola Voli, serta Pionering (Pramuka) yang diikuti oleh ratusan peserta didik dari SMP dan MTS/MTsN se Kabupaten Jombang, dan juga Pawai Budaya, membuat perayaan Harlah berlangsung semarak.


Kepala MAN 8 Jombang, Dra. Farida Priyatna, M.M. menerangkan, terdapat dua aspek visi dan capaian dalam peringatan Harlah satuan pendidikannya di tahun ini. Pertama, untuk lomba yang diikuti oleh peserta didik SMP sampai MTS/MTsN se Kabupaten Jombang, visinya untuk menjaring prestasi serta memetakan potensi lokal dari jenjang menengah. Kedua, dalam Pawai Budaya yang diikuti oleh 556 peserta didik MAN 8 Jombang dan terbagi menjadi 20 regu, ialah untuk menyebarkan pesan Madrasah Bermoderasi Agama yang ramah terhadap budaya lokal.


Baca Juga : Pendidikan Harus Adil dan Setara


“Untuk capaiannya dari tahun ke tahun dengan metode semacam ini, antusias peserta lomba selalu meningkat. Artinya, ini juga menjadi sebuah motivasi bagi kami untuk selalu menselaraskan antara kuantitas dan kualitas pelayanan di MAN 8 Jombang.,” ujar  Farida Priyatna.



Kelompok Pawai Budaya dengan Kombinasi Adat Bali
(Donny)


Disinggung lebih lanjut perihal Pawai Budaya, Farida Priyatna menjelaskan bahwa di dalamnya memang memuat pesan penting. Tiada lain agar masyarakat mengetahui bahwa salah satu visi pendidikan MAN 8 Jombang juga memuat nilai lokal yang ada.


“Sehingga, dengan kegiatan semacam ini akan membuat potensi peserta didikdi jenjang SMP, MTS, dan MTsN semakin berkembang. Sebab madrasah kini sudah tak identik dengan keagamaannya saja. Melainkan, dituntut untuk terus kreatif dalam mengakomodasi bakat minat peserta didik baik di dunia seni, keterampilan, sampai akademik dan non-akademik,” tegas Farida Priyatna.



Keanggunan Salah Satu Peserta Pawai
(Donny)


Sementara itu Ketua Pelaksana Harlah ke-27 MAN 8 Jombang, Nur Faida, M.Pd. mendetailkan, dari penjaringan prestasi dan potensi baik di bidang akademik maupun non-akademik ini, jumlah peserta yang mendaftar diluar ekspetasi awal. Dari yang semula kuota hanya 400, menjadi 800 peserta.



Para Pemenang Lomba Olimpiade
(Donny)

“Tentunya ini menjadi modal bagus untuk kami di MAN 8 Jombang, supaya terus memetakan, mewadahi, serta menjaring prestasi dan potensi peserta didik dari SMP dan MTS/MTsN se Kabupaten Jombang,” tandas Nur Faida. ■ donny darmawan 

Lebih baru Lebih lama