JOMBANG – Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jombang mengadakan aksi solidaritas dengan memberikan bantuan kepada penjaga SDN Balongbesuk, Kecamatan Diwek, Siswono.

Siswono sedang tertimpa musibah. Rumah beserta isinya hangus terbakar pada Senin (26/10). Kebakaran tersebut diduga karena korsleting listrik. Nah, hal itulah yang memantik solidaritas PGRI Jombang.

Ketua PGRI Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si mengatakan sesuai dengan tajuk acara, kegiatan tersebut merupakan bentuk solidaritas PGRI. Meski tidak termasuk dalam keanggotaan terstruktur PGRI Kabupaten Jombang, namun ketika masih dalam lingkup pendidikan dan keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, saat seseorang mengalami musibah tetap dibantu.

Baca Juga: 2021: 4.000 Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Vokasi Tingkatkan Keterampilan

Hasil dari koordinasi dengan Pengurus Cabang (PC) PGRI di seluruh kecamatan, terkumpul dana sebesar Rp 30 juta yang secara langsung diserahkan kepada Siswono. Dana tersebut rencananya digunakan sebagai modal renovasi dan membeli peralatan rumah yang hangus terbakar.

Seusai memberikan bantuan secara simbolik, ketua beserta pengurus PGRI Kabupaten Jombang menyempatkan waktu untuk melihat kondisi rumah Siswono. Rumah tersebut kondisinya sudah terlihat kembali rapi.

Berdasar penuturan dari Kepala SDN Balongbesuk Diwek, Khamdani, S.Pd untuk proses renovasi rumah, Siswono dibantu oleh para penjaga sekolah di Kecamatan Gudo yang secara bergantian bekerja melakukan perbaikan rumah tersebut.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini

Lebih baru Lebih lama