Pembelajaran IPA kelas IV yang dilangsungkan di halaman kelas. (ist)

BARENG – Keterbatasan bukanlah akhir dari segalanya dalam memberikan pelayanan yang terbaik dalam dunia pendidikan. Sebaliknya, justru bisa menjadi daya suntik luar biasa guna meraih prestasi yang membanggakan dari segenap keunggulan yang dimiliki oleh peserta didik. Itulah yang tercermin dari upaya SDN Ngrimbi II Bareng.

Di SDN Ngrimbi II Bareng satu ruang di bagi fungsinya menjadi dua. Selaiknya pembagian kelas digunakan untuk dua kelas. Bahkan di kelas VI dijadikan juga sebagai ruang guru, kepala sekolah, serta tamu. Dikatakan Guru Kelas VI, SDN Ngrimbi II Bareng, M. Bustanil Arifin, S.Pd. bila satuan pendidikan yang memiliki sekitar 40 peserta didik ini memang masuk dalam kategori SDN kecil di Kecamatan Bareng. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur tahun 2009 silam.

Keberadaan wali peserta didik sangat berarti dalam mendukung segala aktivitas pembelajaran baik yang bersifat formal maupun non-formal.

M. Bustanil Arifin menjelaskan, “Faktor yang menyebabkan terutama dari sisi kondisi geografis yang memang berbatasan langsung dengan Kecamatan Wonosalam bagian Barat. Keadaan itu pun berpengaruh besar terhadap serapan peserta didik karena berada di Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi Bareng jumlah peserta didiknya relatif sedikit. Sebagian besar malah berasal dari Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam.”

Baca Juga: SDN Bugasurkedaleman II Gudo Mentoring Keagamaan, Kepercayaan Masyarakat Bersemi

Kendati sangat terbatas dalam ketersediaan fasilitas pembelajaran, SDN Ngrimbi II Bareng berhasil menorehkan banyak prestasi yang membanggakan. Diantaranya pada tahun 2018 berhasil mewakili Kecamatan Bareng berlaga di Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten Jombang. Selain itu dalam Pesta Siaga Pramuka tingkat Kecamatan Bareng tahun 2021 berhasil menyabet Juara II dalam Lomba Menghafal Nama Pahlawan. Keberhasilan itu tak lepas dari dedikasi para guru yang tetap memperhatikan peserta didiknya dan selalu mengusahakan dari kemampuannya supaya dapat meraih prestasi.

Jajaran guru dan Kepala SDN Ngrimbi II Bareng setelah memantau vaksinasi bagi peserta didiknya. Pada Selasa (28/12). (Donny)

Pelaksana Tugas (Plt) SDN Ngrimbi II Bareng, Sumarah, S.Pd. mengakui kerjasama yang apik antara guru dan peserta didik terbukti membuahkan hasil gemilang. Sehingga biarpun secara sarana prasarana masih kurang, namun bukan menjadi batu sandungan yang berarti, hingga menghambat seluruh langkah menggapai kesuksesan.

Kegiatan keagamaan setiap hari Jumat. (ist)

Tak lupa selalu menggandeng kepedulian wali peserta didik dan masyarakan di sekitar SDN Ngrimbi II Bareng, imbuh Sumarah. Menurutnya keberadaan meraka sangat berarti dalam mendukung segala aktivitas pembelajaran baik yang bersifat formal maupun non-formal.

Kegiatan senam pagi yang diikuti oleh seluruh peserta didik SDN Ngrimbi II Bareng. (ist)

“Terbukti pada tahun 2019 secara swadaya masyarakat kami dibangunkan musala yang dapat dijadikan wahana pembelajaran agama dan penguatan karakter peserta didik. Sehingga kelak saat kembali di masyarakat dapat bermanfaat,” tutup Sumarah.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Profil SDN Ngrimbi II Bareng

Berdiri: 1990

Jumlah Peserta Didik: 40

Jumlah Guru: 6

Prestasi:

Juara I Matematika OSN tingkat Kecamatan Bareng Tahun 2018

Juara II Menghafal Nama Pahlawan, Pesta Siaga Pramuka Kecamatan Bareng Tahun 2021.
Lebih baru Lebih lama