Komisioner KPU Kabupaten Jombang saat menjelaskan mekanisme keterbukaan publik. (Rabithah)


JOMBANG – Tak terasa pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 sudah di depan mata. Untuk itu, jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang telah disibukkan dengan pelbagai tahapan dengan segudang aktifitas yang harus dilampaui. Salah satunya adalah agenda Media Gathering pada Kamis (6/10) bertempat di Rumah Makan Zam-zam, Diwek Jombang.

Ketua KPU Kabupaten Jombang, Athoillah, S.H. menyampaikan bahwa agenda Media Gathering ini rutin digelar menjelang hari Pemilu pada 14 Februari 2024. Selain menjadi ajang silaturahmi juga untuk menyatukan misi guna menyukseskan pesta demokrasi.

Seluruh anggota KPU Kabupaten Jombang siap melaksanakan fungsi keterbukaan publik setiap saat ketika dibutuhkan oleh awak media. Baik itu melalui jaringan pribadi media sosial maupun datang langsung berdiskusi untuk menggali informasi.

Athoillah menegaskan, “Insan media yang ada di Kota Santri menjadi salah satu garda terdepan untuk menjembatani segala informasi yang ada dan dibutuhkan masyarakat. Kendati demikian segala informasi yang disampaikan haruslah akurat. Selaian itu juga dapat memerangi kabar tidak benar atau Hoax yang dapat menyerang kepercayaan masyarakat terhadap integritas KPU Kabupaten Jombang.”

Baca Juga: Pengawas TK Kabupaten Jombang Harus Siap Menghadapi Rotasi dan Mutasi

Komisioner Pemilihan Umum Kabupaten Jombang, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Rita Darmawati, S.Sos. memaparkan bahwa seluruh anggota KPU Kabupaten Jombang siap melaksanakan fungsi keterbukaan publik setiap saat ketika dibutuhkan oleh awak media. Baik itu melalui jaringan pribadi media sosial maupun datang langsung berdiskusi untuk menggali informasi. Untuk kedepannya agar sinergitas antara KPU Jombang dengan media dapat lebih terjalin masif, maka dapat dibentuk grup WhatsApp khusus.

Salah satu peserta saat memaparkan ide untuk memperluas jaringan informasi positif. (Rabithah)

Rita Darmawati menandaskan, “Terlebih saat ini KPU Kaupaten Jombang telah memiliki platform media sosial yang siap dan lengkap untuk dijadikan rujukan. Seperti laman website kab-jombang.kpu.go.id dan istagram kpukabjombang. Laman tersebut memuat dari tahapan yang sedang berjalan, jadwal hingga hasil rekapitulasi.”

Sesi tanya jawab dan diskusi. (Rabithah)

Sementara itu, Komisioner Pemilihan Umum Kabupaten Jombang Divisi Teknis Penyelenggaraan As’ad Choirudin, S.S. mengutarakan bahwa saat ini sedang melaksanakan tahapan verifikasi administrasi dan perbaikan hingga tanggal 10 Oktober. Selanjutnya yaitu rekapitulasi hasil verifikasi administrasi perbaikan yang akan dilaporkan kepada KPU Provinsi hingga sampai pada KPU Pusat.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama